Viral, Seorang Warga dari Wuhan Berikan Tips Hadapi Virus Corona

- Kamis, 19 Maret 2020 | 10:23 WIB
Foto percakapan Minche Chen dan seniornya di Wuhan. (Instagram/@chen_minzi)
Foto percakapan Minche Chen dan seniornya di Wuhan. (Instagram/@chen_minzi)

Wabah virus corona atau Covid-19 membuat warga di berbagai belahan dunia resah. Mulai dari lockdown, social distancing hingga work from home sudah mulai dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang begitu cepat.

Belakangan ini viral di media sosial seorang warga dari Wuhan yang memberikan tips untuk mencegah penyebaran virus corona. 

Bermula dari seorang warga Indonesia yang mendapatkan tips tersebut dari seniornya saat dirinya menjadi mahasiswi S2 di Universitas Wuhan.

Kemudian WNI tersebut mengunggah capture hasil percakapan dengan seniornya tersebut.

"Tips ini saya dapatkan dari senior waktu menjadi MAHASISWI s2 di Wuhan University, Wuhan, Tiongkok," tulis Minche Chen dalam captionnya, seperti yang dikutip Indozone, Kamis (19/3/2020).

Seniornya yang tinggal di Wuhan sudah melakukan isolasi diri di rumah selama dua bulan. Ia mengakui memang agak bosan bahkan hampir gila.

Namun, Ia berharap masyarakat Indonesia tidak menganggap remeh virus corona. Ikuti perintah dari pemerintah untuk mengisolasi diri dan melakukan social distancing.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by MincheChen ??? (@chen_minzi) on

Senior Minche Chen juga memberikan pesan agar selalu menjaga kebersihan dan tidak mengonsumsi makanan mentah.

"Rajin cuci tangan, kalau pergi keluar pakai masker, topi, dan sarung tangan," kata senior tersebut.

Virus corona itu menular melalui droplet sehingga rambut dan bulu-bulu sangat mudah dihinggapi virus. Oleh karena itu, senior Minche Chen mengimbau untuk menggunakan topi ketika ke luar rumah.

"Begitu pulang ke rumah, sebelum masuk semprot cairan desinfektan dulu ke seluruh tubuh, terutama sepatu bagian bawah. Jaket dan sepatu langsung dijemur di tempat yang terkena sinar matahari, dan langsung mandi," jelasnya.

Isolasi selama dua bulan membuatnya hampir gila karena merasa bosan di rumah. Namun senior tersebut tetap mengikuti imbauan tersebut, karena virus corona sangat berbahaya.

"Orang yang sembuh juga tetap saja parunya mengalami kerusakan yang parah, setelahnya akan berpengaruh saat bernapas atau kerja berat," tulis senior Minche Chen.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X