Presiden Joko Widodo Kenakan Pakaian Adat Bali
photo/ANTARA/Desca Lidya Natalia
News

Presiden Joko Widodo Kenakan Pakaian Adat Bali

Rizka
Sabtu, 17 Agustus 2019 10:05 WIB 17 Agustus 2019, 10:05 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo, putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka dan sang cucu Jan Ethes Srinarendra kompak mengenakan pakaian adat Bali dengan berbagai warna dan corak.

Baju adat Presiden Joko Widodo berasal dari Klungkung, berwarna hitam dengan brokat emas lengkap dengan kain dan hiasan kepala juga dengan motif emas.

Sedangkan, Jan Ethes terlihat menyematkan hiasan kepala warna ungu namun mengenakan beskap kuning mini yang menyesuaikan tubuh bocah berusia tiga tahun tersebut. Ethes juga mengenakan sarung kuning dengan variasi kain ungu sebagai pelapis dan sepatu bintang-bintang emas.

Sementara, Gibran mengenakan kemeja putih dan ikat kepala cokelat dilengkapi kain tenun warna-warni dengan suasana lebih santai dibanding dengan Presiden Joko Widodo dan Jan Ethes.

"Kita kan sudah 5 tahun ini ganti-ganti, dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah Kalimantan Selatan, pernah Sunda, Jawa, Betawi kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis pernah semua," kata Presiden Joko Widodo di samping Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8).

Jokowi mengaku masih akan mengenakan lebih banyak pakaian adat pada perayaan-perayaan hari nasional lainnya. "Memang kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan, jumlahnya ribuan, nanti sampai ke Maluku, Papua semua akan kita tunjukkan," kata Jokowi.

    Editor Media
    Editor Media

    Rizka

    Editor
    TERKAIT DENGAN INI
    ARTIKEL LAINNYA
    LOAD MORE