1800 Peserta Ikuti Upacara HUT RI Di Markas Kopassus

- Sabtu, 17 Agustus 2019 | 22:19 WIB
Upacara HUT Kemerdekaan ke-74 RI di Makopassus, Cijantung. (Pen Kopassus)
Upacara HUT Kemerdekaan ke-74 RI di Makopassus, Cijantung. (Pen Kopassus)

Sebanyak 1.800 peserta dari berbagai kalangan, mengikuti Upacara HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, yang digelar di Lapangan Upacara Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (17/8/2019).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa ini, selain diikuti oleh perwakilan prajurit Kopassus, ASN dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus. Juga diikuti oleh murid-murid dari sekolah yang ada di sekitar Makopassus.

Yakni, SD 01, SD 02, SD 03, SD 07, MAN, MTS, serta SMPN 103 dan SMAN 39 Jakarta Timur. Pada saat pelaksanaan upacara, peserta upacara dari kalangan pelajar memakai pita merah-putih yang diikatkan ke kepala. Sementara untuk prajurit dan ASN, diikat dilengan tangan kanan.

Diterangkan oleh Danjen Kopassus, pemakaian pita tersebut merupakan sibil semangat patriotisme dan nasionalisme sebagaimana para pejuang, yang dulu penuh heroik dan pengorbanan dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Pemakaian pita warna merah putih tersebut merupakan simbol semangat patriotisme dan nasionalisme, sebagaimana para pejuang dahulu ketika memperjuangkan kemerdekaan yang dilakukan dengan tidak mudah, penuh pengorbanan dan heroik," kata Danjen Kopassus.

-
Pen Kopassus

 

Pada kesempatan kali ini, juga dibacakan ikrar siswa-siswi oleh Putri Fatimah Utami, perwakilan siswi dari SMAN 39 Jakarta Timur, serta diikuti seluruh siswa-siswi peserta upacara. Salah satu ikrar berbunyi, para siswa menyatakan akan berusaha menjadi generasi penerus yang baik, bertanggung jawab, mampu mengisi dan mempertahankan kemerdekaan.

Upacara HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia kali ini juga diikuti para guru pembina dari masing-masing sekolah, serta perwira Kopassus yang ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X