Sri Mulyani Sebut Tak Ada Satu Negara Pun yang Siap Hadapi Corona

- Senin, 11 Mei 2020 | 11:24 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sri Mulyani mengungkapkan bahwa tak ada satupun negara  yang siap menghadapi virus corona. Saat ini tercatat sudah 213 negara yang terinfeksi corona, termasuk juga Indonesia.

"Tidak ada satu negara pun yang siap dan saat ini dapat prediksi kapan pandemi berakhir," ungkap Sri Mulyani dalam telekonferensi rapat berkala Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Jakarta, Senin (11/5/2020).

Menurutnya, saat ini sejumlah negara melakukan berbagai upaya ekstrem untuk mencegah penyebaran virus corona, seperti lockdown atau pembatasan sosial berskala besar (PSBB), seperti yang diterapkan di Indonesia.

-
Sri Mulyani. (instagram/@smindrawati)

"Diadvokasi WHO, maka dilakukan langkah-langkah ekstrem yakni membatasi interaksi sosial antar manusia. Pembatasan sosial/ social distancing dilakukan dalam bentuk larangan perjalanan, lebih dari 86 negara travel ban, penutupan perbatasan antar negara dan penutupan sekolah, kantor dan tempat ibadah. Ini merupakan satu tindakan ekstrim," ucapnya.

Ia menambahkan, episentrum virus corona bukan lagi berada di Tiongkok, melainkan di Amerika Serikat.

"Episenturm penyebaran bergeser dari RRT (China) ke Eropa dan Amerika Serikat. Saat ini penyebaran masih sangat eskalatif di berbagai negara termasuk Indonesia," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X