Siak dan Singkawang Jadi Tempat Ideal Lihat Gerhana Matahari Cincin

- Rabu, 25 Desember 2019 | 10:54 WIB
Ilustrasi gerhana matahari cincin. (Universe Today).
Ilustrasi gerhana matahari cincin. (Universe Today).

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN memastikan, Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan melintasi wilayah Indonesia pada tanggal 26 Desember 2019. Salah satu titik yang paling ideal untuk mengamati fenomena alam ini, adalah Kabupaten Siak, Riau. 

Gerhana Matahari Cincin, ini dipredikasi akan dimulai pukul 12.15 WIB, memasuki fase puncak pada pukul 12.17 WIB, dan berakhir pada pukul 12.19 WIB. 

Selain itu, untuk Kota Singkawang, Kalimantan Barat Gerhana matahari cincin akan bisa terlihat sebagian sekitar pukul 10.43 WIB. Sedangkan puncak gerhana matahari cincin terjadi pada pukul 12.42 WB dan berakhir pada pukul 14.31 WIB.

Gerhana Matahari Cincin ini terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi. 

Kondisi tersebut, yang menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari sepenuhnya.

LAPAN beserta Pemerintah Kabupaten Siak dan Pemerintah Kota Singkawang menggelar berbagai kegiatan seperti musik, bazar, kuliner, tabligh akbar, sholat gerhana berjamaah.

Selain itu, ada pengamatan GMC serta pemecahan rekor MURI untuk kaca mata gerhana terbesar yang akan berlangsung di Kampung Bunsur, Kabupaten Siak saat fenomena alam ini terjadi. 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X