Spesies Kura-kura Raksasa yang Telah Punah Ditemukan di Galapagos
Ilustrasi kura-kura spesies Chelonoidis abingdonii. (photo/Wikimedia)
News

Spesies Kura-kura Raksasa yang Telah Punah Ditemukan di Galapagos

Senin, 03 Februari 2020 22:11 WIB 03 Februari 2020, 22:11 WIB

INDOZONE.ID - Para ahli konservasi yang sedang berekspedisi beranggotakan 45 di sekitar gunung berapi Kepulauan Galapagos tak sengaja menemukan 30 kura-kura raksasa yang merupakan keturunan spesies yang telah punah.

Dikutip melalui laman TIME, Senin (3/2/2020), sebanyak 30 kura-kura raksasa itu merupakan keturunan dari dua spesies berbeda. Pihak Galapagos National Park dan Galapagos Conservancy mengatakan bahwa kura-kura raksasa betina memiliki keturunan langsung dari spesies Chelonoidis abingdonii, endemik Pulau Pinta.

Padahal spesies kura-kura itu telah berakhir pada juni 2012 lalu. Kura-kura itu juga dipercaya memiliki usia lebih dari 100 tahun. Sebanyak 11 jantan dan 18 betina lainnya dipercaya merupakan keturunan dari Cholonoidis niger, endemik Pulau Floreana.

Sampai saat ini belum diketahui bagaimana bisa kura-kura tersebut berada di Wolf Volcano. Namun, isu yang berkembang, bajak laut dan pemburu mengambil kura-kura raksasa dari pulau lain di Galapagos kemudian menaruhnya di dekat gunung berapi tersebut.

Kepulauan Galapagos dikenal sebagai biodiversitas flora dan faunanya. Tepat di Wolf Vulcano, Charles Darwin menemukan 15 jenis kura-kura raksasa.

Galapagos National Park dan Galapagos Conservancy menyebutkan, saat ini terdapat sekitar 20.000-25.000 ekor kura-kura raksasa yang hidup di kepulauan tersebut. Dan sekitar empat jenis kura-kura raksasa diketahui telah punah.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
M. Rio Fani
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US