Prabowo Dikritik Sering ke Luar Negeri, Jokowi Pasang Badan

- Kamis, 23 Januari 2020 | 10:33 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay).
Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay).

Presiden Joko Widodo membela Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto yang mendapat kritik dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) karena sering melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. 

Sejak menjabat Menhan, Prabowo sudah berkunjung ke tujuh negara, antara lain Malaysia, Thailand, Turki, Tiongkok, Jepang, Filipina, dan Prancis.

"Jadi kalau ada yang mempertanyakan, Pak Menhan pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, itu adalah dalam rangka diplomasi pertahanan kita, bukan untuk lain-lain," kata Jokowi dalam sambutannya di Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan, Kamis (23/1/2020). 

Jika ada yang mempertanyakan aktivitas Prabowo ke luar negeri, Jokowi menilai yang bersangkutan belum paham diplomasi pertahanan. Presiden pun kerap berdiskusi dengan Ketua Umum Gerindra itu terkait alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang akan dibeli pemerintah.

"Bagus atau tidak bagus, bisa digunakan atau tidak bisa digunakan, semuanya dicek. Itu sudah kami diskusikan dengan Pak Menhan, tidak sekali dua kali. Banyak nih yang enggak tahu," ujar Jokowi

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, Mardani Ali Sera, mengkritik Prabowo yang kerap melakukan kunjungan kerja ke luar negeri. Padahal zaman semakin canggih. 

"Pak Jokowi saat 16 Agustus 2019 lalu mengingatkan agar meminimalkan kunjungan ke luar negeri. Bahkan secara demonstratif beliau menunjukkan via HP-nya, kunjungan luar negeri bisa melalui HP (ponsel). Dunia sudah terkoneksi," kata Mardani kepada wartawan, Jumat (17/1/2020).

Daftar Kunjungan Prabowo ke Mancanegara:

1. Prabowo ke luar negeri dimulai saat melawat ke negara tetangga, Malaysia pada Kamis (14/11/2019) lalu. Ia bertemu Menhan Malaysia Mat Sabu. Sejumlah kerja sama pertahanan dibahas kedua Menhan, salah satunya soal rencana pengiriman personel TNI ke Malaysia.

2. Usai dari Malaysia, tepatnya pada Minggu (17/11/2019), Prabowo bertolak ke Bangkok, Thailand, menghadiri ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM). Pertemuan itu merupakan bagian KTT ASEAN yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo. Prabowo turut menggelar pertemuan bilateral dengan beberapa Menhan ASEAN maupun negara di luar ASEAN, termasuk dengan Menhan AS Mark Esper.

3. Lawatan Prabowo dilanjutkan pada Senin hingga Rabu (27-29/11/2019) ke Turki. Prabowo membahas kerja sama pertahanan dengan Presiden Reccep Tayyip Erdogan dan Menhan Hulsi Akar. Dia juga melakukan kunjungan lapangan ke Armada Utama Angkatan Laut Turki di Gölcük, Kocaeli, untuk melihat langsung kapal perang jenis korvet terbaru produksi Turki, TCG Kinaliada.

4. Pada Minggu (15/12/2019), Prabowo terbang ke Beijing dalam misi penguatan kerja sama pertahanan RI-Tiongkok.

5. Setelah itu, Prabowo menuju Jepang pada (20/12/2019), menemui Menhan Jepang membahas kerja sama pertahanan kedua negara.

6. Di penghujung 2019, Prabowo terbang ke Manila, Filipina. Pertemuannya dengan Menhan Filipina ditujukan untuk membahas upaya peningkatan kerja sama keamanan, khusus di perairan Sulu. Pertemuan tersebut dilangsungkan di Pangkalan Udara Villamor, Manila. Prabowo secara khusus mengucapkan terima kasih atas pembebasan dua warga negara Indonesia yang disandera Abu Sayyaf.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X