Tarif Sejumlah Ruas Tol Milik Jasa Marga Akan Naik, Ini Daftarnya

- Jumat, 4 Oktober 2019 | 18:12 WIB
Ilustrasi jalan tol. (Instagram@official.jasamarga)
Ilustrasi jalan tol. (Instagram@official.jasamarga)

Tarif sejumlah ruas tol yang dimiliki PT Jasa Marga (Persero) Tbk, diproyeksikan bakal naik dalam waktu dekat. Ruas tol itu tersebar di beberapa wilayah, mulai dari Jabodetabek, Surabaya, dan juga Medan.

Corporate Secretary Jasa Marga, M Agus Setiawan menjelaskan, ada enam ruas tol milik perseroan yang diproyeksikan mengalami kenaikan tarif di 2019. Sesuai dengan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang ditandatangani, beberapa ruas tol itu seharusnya sudah mengalami kenaikan tarif pada bulan April, September dan beberapa ruas pada bulan Desember 2019 mendatang.

"Untuk tol Jakarta-Tangerang itu sebetulnya, SK (kenaikan) terakhir itu dibuat pada April 2017. Ini Kepmen-nya sudah ada, tapi kemarin kita ingin melakukan sosialisasi, tapi menunggu evaluasi dari BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol)," ujar Agus, di Jakarta, Jumat (4/10).

Agus melanjutkan, ruas tol lain milik perseroan yang tarifnya diproyeksikan naik antara lain tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), tol Dalam Kota Jakarta, tol Palimanan-Kanci (Palikanci), tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) dan tol Surabaya-Gempol. 

"Jadi penyesuaian tarif itu adalah regulasi, setiap dua tahun sekali," katanya.

Sebagaimana diketahui, sesuai dengan Undang Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 Pasal 8 Ayat 3 tentang jalan, serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 pasal 68 tentang pengaturan tarif jalan tol, maka sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Jasa Marga berhak untuk mengajukan kenaikan tarif atas ruas tol yang dikelola setiap dua tahun sekali.

Regulasi yang mengatur kenaikan tarif jalan tol itu sendiri dibuat dengan maksud melindungi BUJT sebagai investor atas investasi yang dikeluarkan untuk membangun jalan tol, dimana besaran kenaikannya disesuaikan dengan tingkat inflasi yang terjadi selama dua tahun di wilayah tersebut, dengan diikuti oleh kewajiban BUJT untuk menjaga Standar Pelayanan Minimum (SPM) terpenuhi dengan baik. (Sigit)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X