Wiranto Sebut Titik Api Karhutla Sudah Berkurang 90%
(photo/ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
News

Wiranto Sebut Titik Api Karhutla Sudah Berkurang 90%

Senin, 30 September 2019 19:00 WIB 30 September 2019, 19:00 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto mengklaim kondisi bencana kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Sumatera, Riau, dan Kalimantan sudah mulai pulih. Dia mengatakan titik api berkurang sebesar 90 persen.

"Kita bersyukur bahwa dari laporan yang masuk itu sudah 90 persen itu berkurang, dari total titik api yang ada itu tinggal 10 persen, mudah-mudahan dengan hujan buatan yang kita lakukan, sambil menunggu hujan sungguhan. Jadi titik api menjadi zero sehingga tak mengganggu kesehatan masyarakat dan kegiatan yang berhubungan dengan cuaca," ujarnya saat jumpa pers, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (30/9/2019).

Hujan alami yang awalnya diprediksi akan datang lebih cepat disebutnya mengalami kemunduran.

Akan tetapi hujan diprediksi akan datang di wilayah terdampak Karhutla pada November mendatang.

"Hujan itu kira-kira akan muncul lagi secara reguler itu bulan November, mengapa? karena ternyata awan yang diramalkan akan mengguyur hujan di daerah-daerah rawan atau kritis kebakaran hutan, di Sumatra maupun di Kalimantan, ternyata awannya mengalir ke Taiwan, sehingga sekarang ini awan yang sudah menggumpal-gumpal justru mengalir ke Taiwan," ucapnya.

Namun saat ini, Wiranto mengatakan masih ada awan yang berpotensi untuk dilakukan hujan buatan.

Dia berharap hujan buatan ini bisa mengurangi titik api dan membuat tanah menjadi basah.

"Masih ada sisa awan yang mempunyai kualitas uap air yang lebih dari 70 persen dan ini sangat potensial untuk kemudian kita buat hujan buatan, sehingga perhitungan itu 4 pesawat TNI AU sudah standby di daerah yang rawan bencana kebakaran itu dan setiap saat mengudara untuk membuat hujan buatan," katanya.

"Saya perkirakan hujan buatan ini akan terus kita lakukan sehingga menyambung, atau menutup celah antara musim kemarau panjang dengan hujan di bulan November nanti, dengan harapan tanah yang rawan kebakaran sudah basah sehingga kebakaran hutan yang disebabkan ulah manusia dapat kita cegah kembali," tutur Wiranto. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Victor Median
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU