Pembicaraan Joe Biden dan Vladimir Putin Sedikit Meredakan Krisis di Ukraina

- Rabu, 8 Desember 2021 | 11:27 WIB
Panggilan video antara Joe Biden dengan Vladimir Putin. (Reuters/SPUTNIK)
Panggilan video antara Joe Biden dengan Vladimir Putin. (Reuters/SPUTNIK)

Pada hari Selasa (7/12/2021) Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan panggilan video selama lebih dari dua jam, membahas sejumlah masalah bilateral serta situasi di Ukraina timur, Iran, dan ekspansi NATO ke timur.

Selama panggilan video itu, keduanya membuat sedikit kemajuan dalam meredakan krisis di Ukraina setelah penumpukan pasukan Rusia beberapa waktu lalu.

-
Panggilan video antara Joe Biden dengan Vladimir Putin. (Reuters/HANDOUT)

Putin juga menegaskan bahwa penumpukan pasukannya di perbatasan bukan bararti mereka ingin menyerang Ukraina.

Presiden Rusia itu juga meminta kepada Joe Biden, jaminan bahwa NATO tidak akan memperluas wilayahnya ke Rusia atau menempatkan sistem rudal di negara-negara yang berbatasan dengan Rusia.

Baca juga: Putin dan Biden Bakal Video Call Bahas Rencana Invasi Rusia ke Ukraina

AS sendiri berulang kali mengatakan bahwa Ukraina berhak memutuskan pengaturan keamanannya sendiri, tapi penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan mengatakan bahwa Biden akan melakukan pembicaraan lebih luas dengan NATO dan Rusia jika ancaman invasi surut.

Dilansir Reuters, para pejabat AS mengatakan kepada anggota kongres pada hari Selasa bahwa mereka memiliki kesepakatan dengan Jerman untuk menutup pipa gas Nord Stream 2 yang menghubungkan Rusia dan Eropa utara, jika Moskow melancarkan serangan di Ukraina.

Setelah panggilan video dengan Rusia, Biden berbicara dengan para pemimpin Inggris, Jerman, Italia dan Perancis melalui panggilan video konferensi.

Sebelumnya Biden juga telah berkonsultasi dengan para pemimpin negara tersebut, dan AS setuju untuk tetap berhubungan dengan Rusia.

Menurut laporan televisi Rusia, sebelum pembicaraan dimulai, Putin menyapa Biden dengan santai, sambil bersandar di kursinya dan melambaikan tangan ke layar. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X