Antam dan ESDM Siaga Bencana Lakukan Tanggap Darurat Bantu Korban Semeru

- Rabu, 8 Desember 2021 | 09:01 WIB
Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru saat operasi pencarian korban di Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12/2021). (ANTARA FOTO-Zabur Karuru-wsj)
Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru saat operasi pencarian korban di Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12/2021). (ANTARA FOTO-Zabur Karuru-wsj)

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) bersama ESDM Siaga Bencana, melakukan sinergi untuk mempercepat penyaluran bantuan kemanusiaan pada masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Menurut Corporate Secretary Antam Yulan Kustiyan, perusahaan telah melakukan sejumlah kegiatan untuk mendukung upaya cepat pemerintah dalam melakukan tanggap darurat bencana alam erupsi Gunung Semeru.

"Beberapa kegiatan yang telah dilakukan diantaranya koordinasi, pendirian posko, pencarian korban dan evakuasi, serta evaluasi bersama pihak-pihak terkait dengan instansi setempat,” kata Yulan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Dia menjelaskan, tim telah tiba di lokasi terdampak pada Senin, 6 Desember 2021, dengan mengirimkan 10 (sepuluh) orang yang beranggotakan dari beberapa perusahaan. Mereka terdiri dari tenaga penyelamat, tenaga medis, dan tenaga evakuasi.

Sebelum bergerak menuju lokasi terdampak di Dusun Curah Koboan dan Dusun Kajar Kuning, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, tim juga berkoordinasi dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, TNI dan Polri. Tim telah mendirikan Posko ESDM Siaga Bencana serta terus melaksanakan pencarian warga dan evakuasi warga ke Posko pengungsian.

Tim gabungan juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan terhadap para pengungsi di Kantor Kepala Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Yulan mengatakan, perusahaan pelat merah ini juga akan memberikan bantuan logistik dalam bentuk bahan makanan pokok, selimut, serta makanan balita dan bayi. Dia berharap, dukungan Antam ini dapat meringankan beban warga terdampak erupsi Semeru di Lumajang.

“Semoga kondisi para korban di lokasi terdampak segera membaik. Kami bersama dengan tim ESDM Siaga Bencana dan BUMN Peduli akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu proses penanganan bencana ini,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X