Perwakilan AS akan Bertemu Pemimpin Taliban Minggu Depan, Ini yang Dibahas!

- Rabu, 24 November 2021 | 10:24 WIB
Pejabat Taliban saat bertemu delegasi Pakistan. (Reuters/Ministry of Foreign Affairs)
Pejabat Taliban saat bertemu delegasi Pakistan. (Reuters/Ministry of Foreign Affairs)

Perwakilan Amerika Serikat (AS) akan bertemu dengan para pemimpin Taliban di Doha minggu depan, kata Jubir Departemen Luar Negeri AS pada hari Selasa (23/11/2021).

Kedua negara itu nantinya akan membahas kepentingan nasional, termasuk kontraterorisme, yang mencakup perjalanan yang aman bagi warga AS dan warga Afghanistan.

Pertemuan minggu depan merupakan pertemuan kedua AS dan Afghanistan setelah penarikan AS akhir bulan Agustus saat Taliban menguasai Afghanistan.

Baca juga: Kisah Warga Afganistan Nikahkan Anak Perempuan Demi Uang Mahar Buat Bertahan Hidup

Awal bulan ini, perwakilan AS, Tom West juga menghadiri pertemuan dengan Pakistan, China, Rusia dan AS untuk membahas Afghanistan. Perwakilan empat negara itu juga telah bertemu dengan perwakilan Taliban.

Pada Oktober West juga bertemua dengan pejabat Taliban di Doha, ini merupakan pertemuan pertama antara AS dengan Taliban.

Sejak Taliban berkuasa di Afghanistan, membuat ekonomi negara tersebut anjlok, jutaan warga Afghanistan kini mengahadapi kelaparan di tengah melonjaknya harga pangan dan kekeringan.

Pada hari Jum'at, West telah menegaskan kepada Taliban mengenai persyaratan yang harus diikuti jika ingin dapat dukungan keuangan dan diplomatik dari AS.

Syarat tersebut ialah, melawan terorisme, mendirikan pemerintahan yang inklusif, menghormati hak-hak minoritas, menghormati perempuan dan anak perempuan, dan memberikan akses pendidikan dan pekerjaan bagi perempuan.

West juga mengatakan bahwa AS akan terus melakukan dialog dengan Taliban dan untuk saat ini AS hanya bisa memberikan bantuan kemanusiaan.

Minggu lalu, Menteri Luar Negeri Afghanistan Amir Khan Muttaqi dalam surat terbukanya mendesak AS untuk mencairkan aset Afghanistan yang dibekukan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X