Ramai Pejabat Kementan Pakai Seragam Loreng, Pimpinan DPR Ingatkan Kode Etik ASN

- Selasa, 16 November 2021 | 14:56 WIB
Tangkapan layar pejabat Kementerian Pertanian pakai seragam loreng. (Dok. DPR RI)
Tangkapan layar pejabat Kementerian Pertanian pakai seragam loreng. (Dok. DPR RI)

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara usai beredarnya foto aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian Pertanian mengenakan seragam loreng yang diduga milik Partai NasDem. Para ASN berfoto dengan Ketum NasDem Surya Paloh.

Menurut Dasco pihaknya enggan mengatakan bahwa wajar atau tidak para ASN berfoto dengan seragam yang diduga milik partai.

“Jadi menanggapi ASN yang berbaju loreng, kami tidak dalam kapasitas menyatakan itu benar atau salah, boleh atau tidak karena ada lembaganya yang akan menilai. Apakah itu kemudian benar atau salah,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/11/2021).

Namun Dasco hanya mengingatkan bahwa ASN mempunyai kode etik. Sehingga alangkah baiknya menurut dia para ASN tersebut menjaga integritas.

“Kami, tidak juga mau berandai-andai atau beranggapan buruk, tapi, kita cuma hanya ingatkan saja bahwa ASN itu punya kode etik soal ASN. Sehingga harus menjaga integritas sebagai ASN sebaik-baiknya. Itu saja,” tegas Dasco.

Perihal sanksi Dasco juga enggan menanggapi. Karena Dasco berujar sudah ada lembaga yang mengawasi.

“Saya nggak mau nanggapain itu. Karena itu ada lembaganya yang mengawasi,” tandas Dasco.

BACA JUGA: DPR Kritik Foto Pejabat Kementan Gunakan Seragam Loreng Bersama Ketum NasDem

Sebelumnya beredar sebuah foto menunjukkan sejumlah pejabat Eselon I Kementerian Pertanian (Kementan) mengenakan seragam loreng biru kuning saat berfoto dengan Ketum Partai NasDem Surya Paloh dan Menteri Pertanian yang juga merupakan kader NasDem, Syahrul Yasin Limpo.

Adapun seragam loreng ini mirip dengan Komando Strategis Partai Nasdem. Para pejabat ini ada Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto, dan beberapa pejabat lainnya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X