The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

41 Orang Alami Luka Bakar Imbas Erupsi Gunung Semeru
Sejumlah korban luka bakar letusan Gunung Semeru dirawat di RSUD Pasirian, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Seno/foc)
News

41 Orang Alami Luka Bakar Imbas Erupsi Gunung Semeru

Telah tangani.

Minggu, 05 Desember 2021 13:06 WIB 05 Desember 2021, 13:06 WIB

INDOZONE.ID - Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, sebanyak 41 orang mengalami luka bakar akibat dari erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur, pada Sabtu (4/12/2021).

"Selain itu, sebanyak 41 orang yang mengalami luka-luka, khususnya luka bakar, telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal," kata Abdul dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

Abdul mengatakan, sekarang korban yang mengalami luka bakar sudah dirujuk menuju RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara. Kemudian untuk warga luka lainnya ditangani pada beberapa fasilitas kesehatan.

Ada sebanyak 40 orang dirawat di Puskesmas Pasirian, 7 orang di Puskesmas Candipuro, serta 10 orang lain di Puskesmas Penanggal di antaranya terdapat dua orang ibu hamil.

"Tim gabungan juga berhasil melakukan evakuasi warga yang tadi malam dilaporkan Wakil Bupati Lumajang terjebak di kantor pemilik tambang. Saat ini para warga telah ditempatkan di Pos Curah Kobokan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut," bebernya.

BACA JUGA: Kondisi Desa Sumberwuluh yang Tertimbun Abu Vulkanik Erupsi Gunung Semeru, Ini Fotonya

Lebih jauh Abdul menuturkan apabila sebaran awan panas guguran Gunung Semeru juga menyebabkan beberapa rumah warga tertutup material vulkanik, serta jembatan Gladak Perak di Curah Kobokan yang menjadi akses penghubung Lumajang dan Malang terputus.

"BPBD Kabupaten Lumajang menggunakan alat berat wheel loader untuk membuka akses jalan Curah Kobokan serta melakukan pendataan lanjutan terkait kerugian materil lainnya akibat peristiwa ini," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US