Erupsi Gunung Semeru, Pimpinan DPR Minta Pemerintah Gerak Cepat Bantu Masyarakat

- Minggu, 5 Desember 2021 | 10:01 WIB
Warga mengamankan barang berharga dari rumahnya yang rusak akibat diterjang material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/pras)
Warga mengamankan barang berharga dari rumahnya yang rusak akibat diterjang material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/pras)

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengharapkan agar pemerintah dan stakeholder terkait lainnya dapat melakukan langkah cepat untuk menanggulangi musibah erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021).

Dasco berkata langkah cepat yang perlu dilakukan pemerintah adalah melakukan penyelamatan dan evakuasi bagi masyarakat yang ada di sekitar Gunung Semeru. Kemudian membuat posko darurat bagi masyarakat yang terdampak dari erupsi ini.

"Kemudian, agar segera membuat posko-posko darurat, menyediakan kebutuhan pokok, baik sandang dan pangan serta obat-obatan yang diperlukan oleh para warga," ungkap Dasco kepada wartawan, Minggu (5/12/2021).

Dasco juga menyampaikan keprihatinannya khususnya bagi masyarakat yang terdampak dan berada di radius erupsi Gunung Semeru ini, terutama adalah masyarakat Lumajang, Jawa Timur.

"Dengan terjadi erupsi Gunung Semeru ini, tentunya kami sampaikan prihatin dan duka cita yang mendalam bagi masyarakat Lumajang, Jawa Timur yang terdampak dan berada diradius erupsi," tegasnya.

BACA JUGA: Data Sementara, Ini Nama-nama 38 Warga yang Alami Luka Bakar karena Letusan Semeru

Selain itu, Dasco mengingatkan agar masyarakat sekitar Gunung Semeru untuk tetap dapat waspada. Ia harap musibah ini segera berlalu dan masyarakat di Lumajang diberikan kekuatan dalam menghadapi bencana ini.

"Kami meminta kepada masyarakat agar tetap waspada. Semoga musibah ini segera berlalu dan kita semua diberikan kekuatan serta ketabahan oleh-Nya, khususnya bagi masyarakat Lumajang, Jawa Timur yang terdampak," urai Dasco.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X