Nasib Warga Hulu Sungai Tengah, Direndam Banjir lalu Gelap Gulita karena Listrik Padam

- Senin, 29 November 2021 | 09:12 WIB
Banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)
Banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

6 kabupaten yang berada di Kalimantan Selatan (Kalsel), sudah terendam banjir beberapa hari terakhir. Banjir disebabkan karena hujan lebat dan sungai yang meluap.

6 kabupaten tersebut adalah Kabupaten Banjar, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Daerah yang terdampak banjir paling parah adalah Hulu Sungai Tengah (HST). Daerah ini sudah 4 kali terkena banjir dalam setahun terakhir.

"Arus air yang masuk dalam kota cukup deras, sehingga membuat petugas dan relawan di lapangan mengevakuasi warga sedikit kesulitan. Sejumlah warga yang sakit termasuk tak bisa berjalan langsung dievakuasi dari rumahnya ke lokasi pengungsian," kata warga Barabai bernama Husaini, Minggu (28/11/2021).

Ketinggian air berkisar 15-65 cm. Warga yang terdampak banjir telah dievakuasi. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan pihaknya sedang berupaya mendirikan pos komando di Stadion Mandingin.

Petugas juga bersiaga mewaspadai kemungkinan banjir susulan. Sementara itu, BMKG telah mengeluarkan peringatan mengenai potensi hujan lebat hingga sedang di Provinsi Kalimantan Selatan.

"BNPB terus mengimbau masyarakat dan perangkat daerah untuk waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi," ujar Abdul.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X