Bahaya Bencana Chernobyl Bisa Sebabkan Sindrom Radiasi Akut Sampai saat Ini

- Senin, 26 April 2021 | 15:10 WIB
Bencana Chernobyl (wikipedia)
Bencana Chernobyl (wikipedia)

Meskipun hanya 50 kematian yang dikaitkan dengan bencana Chernobyl, ribuan orang yang selamat mengalami efek yang mengubah hidup. Studi masih dilakukan untuk mengetahui dampak jangka panjang radiasi tersebut.

Krisis nuklir Chernobyl mendatangkan malapetaka dan memicu kepanikan di seluruh dunia, dengan ribuan orang masih hidup dengan konsekuensinya.

Pada tahun 1986, salah satu reaktor di pembangkit listrik itu meledak dan terbakar, memancarkan radiasi mematikan di seluruh bekas Uni Soviet.

Sementara PBB memperkirakan bahwa hanya 50 kematian yang dapat dikaitkan dengan bencana tersebut, namun kemudian memperkirakan bahwa 4.000 lainnya mungkin meninggal akibat dampak lanjutannya.

Ribuan orang juga menderita luka yang mengubah hidup setelah bencana tersebut, yang terjadi di bekas Uni Soviet di tempat yang sekarang disebut Ukraina.

Petugas pemadam kebakaran yang menanggapi tempat kejadian tidak menyadari jumlah besar radiasi yang mereka hadapi.

Dalam beberapa minggu setelah kehancuran, 29 pekerja pembangkit listrik dan petugas pemadam kebakaran meninggal karena sindrom radiasi akut.

"Saya melihat rekan-rekan lain yang bekerja malam itu," kata Insinyur Oleksiy Breus, seorang anggota staf di reaktor.

"Paparan radiasi, kulit merah, luka bakar radiasi, dan luka bakar uap adalah hal yang dibicarakan banyak orang, ketika saya menyelesaikan shift saya, kulit saya berwarna coklat, seolah-olah saya berjemur di sekujur tubuh saya," lanjutnya.

Secara total, 134 responden pertama didiagnosis ARS, 47 di antaranya meninggal.

Pada kasus yang parah, mereka mengalami kerusakan selaput usus, infeksi  dan dehidrasi.

Kecelakaan itu mempengaruhi jutaan penduduk di Ukraina dan Belarusia, bahkan mereka yang tinggal jauh dari lokasi kejadian.

Dalam 5 tahun pertama setelah bencana, kasus kanker di kalangan anak-anak meningkat lebih dari 90 persen di Ukraina.

Dipercaya sekitar 5.000 orang mengembangkan kanker tiroid setelah terpapar radiasi, banyak di antaranya adalah anak-anak.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X