Ini Dalih Arteria Dahlan Minta Kajati Diganti karena Gunakan Bahasa Sunda saat Rapat

- Rabu, 19 Januari 2022 | 11:46 WIB
Anggota DPR III Arteria Dahlan. (Facebook Arteria Dahlan)
Anggota DPR III Arteria Dahlan. (Facebook Arteria Dahlan)

Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan meminta Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin agar mengganti seorang kepala kejaksaan tinggi (kajati) yang berbicara bahasa Sunda saat rapat. 

Namun, pernyataannya itu menuai polemik. Politikus Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) itu kini berdalih bahwa permintaannya itu untuk membantu institusi kejaksaan.

"Saya berusaha membantu institusi kejaksaan dan jaksa agung bahwa tidak ada Sunda Empire bahwa sekalipun ada orang bersuku Sunda menduduki jabatan strategis, itu karena mereka punya kompetensi, kapasitas dan kualitas bukan yang lain," ujar Arteria kepada wartawan, Rabu (19/1/2022).

Dia menginginkan para pejabat pemerintah untuk bekerja profesional tanpa harus mempertontonkan kedekatan antara satu dengan lainnya.

Baca juga: Divonis 4,5 Tahun Penjara, Hakim Sebut Gaga Muhammad Tak Tunjukkan Rasa Bersalah

"Bayangkan di saat kita berusaha meyakinkan publik, masih ada kajati yang mempertontonkan kedekatannya dengan jaksa agung dengan menggunakan bahasa Sunda," tegas Arteria.

"Itu yang saya perjuangkan, kami bantu perjuangkan jaksa agung, kami bantu suku Sunda untuk memastikan bahwa mereka yang di sana memiliki kompetisi," beber Arteria.

Dengan alasan itu, Arteria sangat kesal dengan seorang kajati yang menggunakan bahasa sunda saat rapat.

"Makanya saya marah begitu ada kajati yang ngomong Sunda di ratas (rapat terbatas), jadi yang kita upayakan jadi musnah," tandasnya.

Sebelumnya, saat rapat kerja bersama Jaksa Agung ST Burhanuddin, Arteria meminta jajaran Kejaksaan Agung bersikap profesional dalam bekerja. Arteria juga menyoroti seorang kajati yang menggunakan bahasa Sunda ketika rapat kerja.

"Ada kritik sedikit, Pak JA. Ada kajati yang dalam rapat dan dalam raker itu ngomong pakai bahasa Sunda, ganti Pak," seru Arteria, Senin (17/1/2022).

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X