Hari Media Sosial: Facebook Luncurkan Panduan Medsos "Anti Ribet"

- Kamis, 10 Juni 2021 | 12:37 WIB
Ilustrasi Facebook. (photo/Unsplash/Solen Feyissa/ilustrasi)
Ilustrasi Facebook. (photo/Unsplash/Solen Feyissa/ilustrasi)

Bertepatan dengan Hari Media Sosial yang diperingati setiap 10 Juni, Facebook Indonesia meluncurkan buku panduan ber-medsos "Anti Ribet".

"Kami hendak mengajak orang-orang untuk memahami pentingnya menjaga keamanan dan memperkuat privasi ranah online dengan memanfaatkan fitur-fitur di Facebook, Instagram, dan WhatsApp, sehingga mereka dapat menikmati pengalaman online secara optimal," ujar Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia, Ruben Hattari dikutip Antara, Kamis (10/6/2021).

Ruben menjelaskan, Buku Panduan Konsumen 'Anti-Ribet" merupakan bagian dari kampanya #NyamandiSosmed, kolaborasi Facebook bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika.

-
Buku Panduan Konsumen 'Anti-Ribet', kolaborasi Facebook di Indonesia dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. (ANTARA/HO)

Baca Juga: Debat Terbuka di Mata Najwa, Ketua Komisi VIII DPR Sebut Analisis Rocky Gerung Liar

Facebook, kata dia, mengangkat isu yang sering dihadapi warganet seperti penipuan dan pembajakan akun. Menurut dia, Facebook memberikan tips untuk mengenali penipuan, melapor hingga mengembalikan akun yang dibajak.

Dia menambahkan, Buku Panduan Konsumen 'Anti-Ribet' menitikberatkan pada keamanan di platform Facebook, Instagram dan WhatsApp, antara lain pembahasan mengenai Autentikasi Dua Langkah dan Pemeriksaan Keamanan Facebook.

"Warganet juga diajak untuk memahami apa saja yang termasuk data pribadi dan cara menjaganya tetap aman ketika menggunakan media sosial," ujar Ruben.

"Pengguna bisa memanfaatkan fitur di platform itu untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat unggahan sampai bagaimana pengguna lain bisa menemukan akun mereka di Facebook," pungkas dia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X