Presiden Brasil Jair Bolsonaro Masuk Sakit Akibat Penyumbatan Usus

- Selasa, 4 Januari 2022 | 14:53 WIB
Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (Twitter Jair Bolsonaro via REUTERS)
Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (Twitter Jair Bolsonaro via REUTERS)

Presiden Brasil Jair Bolsonaro masuk rumah sakit karena penyumbatan usus setelah merasakan tidak enak badan saat liburan.

Bolsonaro mengunggah kondisi dirinya sedang mendapat perawatan di rumah sakit melalui akun Twitter-nya @jairbolsonaro. Pada unggahan itu dia menjelaskan bahwa dokter telah memasukkan tabung nasogastric, dan kemungkinan dia akan menjalani operasi.

Mengutip BBC, Selasa (4/1/2022) dokter mengatakan bahwa kondisi Bolsonaro telah membaik, Senin (3/1/2022).

Bolsonaro menjelaskan bahwa dia mulai merasa tidak enak badan pada Minggu (2/1/2022) sore waktu setempat setelah makan siang. Dia diterbangkan dari negara bagian Santa Catarina, tempat dia berlibur, untuk segera dirawat di rumah sakit Vila Nova Star di Sao Paulo.

Bolsonaro yang kini berusia 66 tahun rutin masuk rumah sakit sejak ditikam pada kampanye pemilihan presiden 2018. Dia terluka parah dalam serangan itu dan telah melakukan setidaknya empat operasi.

Baca juga: Pengacara Ajukan Penangguhan Tahanan Habib Bahar Smith

Dia mengatakan bahwa penyakitnya yang dialaminya saat ini sama dengan penyebab dia harus dirawat selama empat hari pada Juli silam. Bolsonaro melanjutkan bahwa akar masalah penyebab kesehatannya adalah penusukan yang telah dialaminya.

Bolsonaro mulai menjabat sebagai Presiden Brasil pada 2019. Dia berencana untuk mencalonkan diri kembali dalam pemilihan yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober tahun ini. 

Namun popularitasnya telah anjlok dalam beberapa bulan terakhir, di tengah tanggapan pemerintahnya yang dikritik secara luas terhadap penaganan pandemi Covid-19 dan penurunan ekonomi.

Bulan lalu Presiden Bolonaro mendapat kecaman karena menunda liburannya saat banjir melanda negara bagian Bahia, yang menewaskan sedikitnya 25 orang. Dia malah memposting video dirinya sedang bermain jet ski di antara kerumunan pendukungnya yang bersorak.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X