Puan Bangga dengan Prestasi Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia yang Raih Piala Thomas 2020

- Senin, 18 Oktober 2021 | 14:17 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Ketua DPR RI Puan Maharani. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Ketua DPR RI Puan Maharani sampaikan rasa bangganya atas capaian prestasi Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia yang berhasil meraih Piala Thomas 2020 setelah mengalahkan tim China.

"Beberapa waktu lalu, tim ganda putri bulu tangkis berhasil memperoleh emas Olimpiade pertama sepanjang sejarah Indonesia. Saat ini trofi Thomas Cup juga bisa kembali setelah 19 tahun lalu, tahun ini betul-betul momen kebangkitan bulu tangkis Indonesia," ungkap Puan, Senin (18/10), dikutip dari Antara.

Puan menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh atlet, pelatih dan ofisial bulu tangkis Indonesia yang sukses meraih Thomas Cup untuk ke-14 kalinya, sejak terakhir menjuarai ajang ini pada 2002.

Meski bendera Merah Putih tak bisa dikibarkan dalam upacara pemberian trofi di Piala Thomas karena Indonesia dijatuhi sanksi oleh Badan Antidoping Dunia atau World Anti Doping Agency (WADA), namun Puan tetap bersyukur.

"Saat para atlet, pelatih, ofisial dan seluruh masyarakat Indonesia ikut bernyanyi lagu Indonesia Raya dengan khidmat sambil tangan kanan di dada, sesungguhnya Bendera Merah Putih telah ‘berkibar’ di dada kita semua," katanya.

"Saat ini posisi Indonesia atas China di Thomas Cup semakin tinggi, Indonesia sudah memiliki 14 titel juara, sementara China 10 gelar juara. Sungguh kebanggaan luar biasa dan saya salut karena bulutangkis Indonesia bangkit justru saat pandemi COVID-19," katanya.

Puan berharap pemerintah serta instansi terkait segera menyelesaikan persoalan dengan WADA karena Indonesia tidak bisa menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga tingkat regional hingga dunia selama sanksi masih ada.

Menurut dia, persoalan dengan WADA akan mempengaruhi nama baik Indonesia dalam bidang olahraga, apalagi tim Indonesia tidak boleh membawa nama dan mengibarkan bendera negara dalam kejuaraan regional, kontinental, dan dunia, kecuali Olimpiade.

Dia juga meminta agar bulutangkis mendapat perhatian lebih dari pemerintah, dari sisi pembinaan dan anggaran karena menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat berpotensi menyumbangkan banyak prestasi untuk Indonesia.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X