Jusuf Kalla Angkat Bicara setelah Dituding Dukung Taliban

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 11:55 WIB
Jusuf Kalla. (Instagram/@jusufkalla)
Jusuf Kalla. (Instagram/@jusufkalla)

Belum lama ini Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla dituding mendukung Taliban. Namun dia tak peduli bila pernyataannya itu dinilai sebagai pro Taliban.

JK yang sudah beberapa kali bertemu dengan kelompok Taliban mengatakan bahwa kemenangan Taliban bukan karena kelompok itu kuat, tapi karena pasukan Amerika Serikat angkat kaki setelah 20 tahun menduduki Afghanistan.

Dikutip Indozone dari YouTube Najwa Shihab, JK mengatakan bahwa Indonesia tak perlu khawatir dengan kemenangan Taliban. Karena menurutnya permasalahan Taliban berada di lingkup internal yang ingin menguasai negaranya sendiri. Berbeda dengan kelompok radikal lainnya yang memang ingin menguasi dunia.

Baca juga: Jusuf Kalla: Din Syamsuddin Tidak Mungkin Radikal

"Saya tidak khawatir karena terbukti 20 tahun lalu apakah ada pengaruh? Waktu menang pertama Taliban, ada pengaruh enggak? Kan, enggak ada pengaruhnya, ISIS dan Al Qaeda itu bukan dari Afghanistan," tegas JK, dikutip dari YouTube Najwa Shihab.

Namun, situasi di Afghanistan saat ini membuat dunia khawatir setelah dua bom menewaskan puluhan warga Afghanistan dan 13 tentara Amerika.

-
Korban bom bunuh diri di Afghanistan. (REUTERS)

Bom bunuh diri yang diduga dilakukan oleh kelompok ISIS-K terjadi pada hari Kamis (26/8/2021) sekitar pukul 18:00 waktu setempat.

Bom pertama menargetkan Gerbang Abbey, di mana pasukan AS dan Inggris telah memproses orang yang memasuki bandara.

Beberapa menit kemudian, ledakan kedua terjadi di sebuah hotel yang digunakan oleh pejabat Inggris untuk memproses warga Afghanistan.

Beberapa foto yang beredar di media sosial memperlihatkan, puluhan mayat berserakan setelah ledakan di dekat Bandara Internasional Hamid Karzai, di Kabul.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X