Puan: Selama Pancasila Ada di Hati Kita, Indonesia Akan Tetap Ada

- Selasa, 1 Juni 2021 | 13:39 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (photo/Instagram/@pdiperjuangan)
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (photo/Instagram/@pdiperjuangan)

Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh elemen bangsa untuk menjadikan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan juga menjadi sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal itu disampaikan Puan dalam memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini, Selasa (01/6/21).

"Kita harus yakin seyakin-yakinnya bahwa selama Pancasila masih ada di hati orang Indonesia, maka selama itu juga Indonesia akan terus ada," kata Puan, Selasa (1/6/2021).

Puan mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila secara daring bersama Presiden Jokowi beserta para menteri. Dalam upacara itu, Puan bertugas membacakan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Selepas upacara, Puan mengatakan bahwa bangsa yang ingin besar, harus berlandaskan pada falsafah bangsanya sendiri. Puan meyakini Indonesia akan jadi bangsa besar jika memegang teguh Pancasila.

"Kita hanya dapat menjadi bangsa yang besar jika kita berpegang teguh pada falsafah bangsa kita sendiri, yakni Pancasila, dan bukan menjiplak falsafah bangsa orang lain karena setiap bangsa memiliki akar sejarah dan budaya yang berbeda-beda," ungkap cucu dari Proklamator RI, Bung Karno itu.

Lebih lanjut Puan juga menyatakan, hanya dengan Pancasila sajalah persatuan bangsa Indonesia dapat diperkukuh dan dengan mengimplementasikan Pancasila itu pulalah tujuan bernegara dapat dicapai.

 "Selamat memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang ke 76 Tahun. Kami berharap nilai-nilai Pancasila menjadi inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila dalam tindakan dan bersatu untuk Indonesia tangguh," ucap politikus PDI Perjuangan itu. 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X