The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kapolda Sumbar Sebut Kesadaran Prokes yang Rendah Sebabkan Kasus COVID-19 Bertambah
Ilustrasi virus corona. (Pexels/Edward Jenner)
News

Kapolda Sumbar Sebut Kesadaran Prokes yang Rendah Sebabkan Kasus COVID-19 Bertambah

Sabtu, 05 Juni 2021 17:16 WIB 05 Juni 2021, 17:16 WIB

INDOZONE.ID - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan bahwa kesadaran masyarakat yang masih rendah dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) bisa menyebabkan kasus COVID-19 di daerah ini terus bertambah.

"Potensi kerumunan yang masih terjadi di area publik dan ketidakpatuhan masyarakat terhadap penerapan prokes di daerah ini menjadi faktor utama kasus COVID-19 bertambah," katanya melalui keterangan tertulis di Padang, Sabtu (05/06), seperti dilansir Antara.

berita virus corona hari ii
Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto. (ANTARA/ HO-Polda Sumbar)

Selain itu, ia mengatakan bahwa masih ada kalangan masyarakat di daerah ini yang tidak percaya pada virus COVID-19, sehingga mereka tidak mengindahkan anjuran pemerintah untuk menerapkan prokes.

Hal tersebut, katanya, dibuktikan dari hasil Operasi Yustisi yang digelar Polda Sumbar hingga 3 Juni 2021 tercatat 131.778 orang dan 2.108 pelaku usaha melanggar prokes.

Dari jumlah itu, ujar dia, sebanyak 126.216 orang diberikan sanksi kerja sosial dan denda uang dengan total sebesar Rp185.100.000.

Ia mengatakan bahwa upaya penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 terus dilakukan dengan mengampanyekan melalui media cetak maupun media sosial, serta imbauan melalui alat peraga di area publik.

"Optimalisasi bhabinkamtibmas dan akselerasi dalam Operasi Yustisi diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan prokes," kata dia.

TAG
Zal
Zal

Zal

Editor
JOIN US
JOIN US