The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mudik Dilarang, Ratusan WN India Malah Masuk Indonesia, Padahal sedang 'Tsunami Covid-19'
Ilustrasi penumpang bandara (ANTARA FOTO/Fauzan)
News

Mudik Dilarang, Ratusan WN India Malah Masuk Indonesia, Padahal sedang 'Tsunami Covid-19'

Jumat, 23 April 2021 12:19 WIB 23 April 2021, 12:19 WIB

INDOZONE.ID - Di tengah larangan mudik Lebaran 2021, ratusan WN India justru dengan gampangnya melenggang masuk ke Indonesia.

Padahal, saat ini India sedang mengalami "tsunami" Covid-19. Kemenkes mengakui bahwa ada 132 WN India yang eksodus ke Indonesia.

Mereka bisa masuk ke Indonesia karena memegang KITAS dan visa, yang artinya memenuhi syarat pengecualian larangan masuk WNA ke Indonesia.

Kasubdit Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kemenkes dr Benget menyampaikan bahwa 132 warga India tersebut tiba di Indonesia melalui jalur udara dan mendarat di Soekarno-Hatta.

Mereka datang dengan menggunakan pesawat carteran. Saat ini, ratusan WN India tersebut tengah menjalani karantina di hotel. Selain di Jakarta, WN India ini juga masuk ke daerah lain.

Kebanyakan WN India yang datang adalah IRT dan anak-anak. Mereka memang membawa dokumen negatif Covid-19 dari negara asalnya, namun saat dites PCR di Indonesia ada 9 yang positif Covid-19.

"Sekarang India sedang tsunami COVID-19 dan mereka masuk ke Jakarta sekarang. Di Samarinda sudah ada yang positif, jadi kami tadi sudah bahas dengan pimpinan untuk diperketat, kita mau tahu apakah ada varian baru," kata dr Benget, dikutip Jumat (23/4/2021).

Benget menyarankan agar pemerintah melarang sementara WN India masuk ke Indonesia. Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo meminta Imigrasi dan Kemenlu bertindak cepat merespons laporan ini, sebelum semakin banyak WN India yang eksodus ke Indonesia.

"Dirjen Imigrasi dan Kemlu, tolong jangan sampai kita membiarkan kedatangan WNA. Satu sisi mudik tidak boleh, tapi ada WNA yang difasilitasi," kata Doni.

India sendiri mencatat 314.835 kasus baru Covid-19 per Kamis (22/4/2021). Kini, sudah ada 15,93 juta kasus Covid-19 di India dengan total 84.657 kematian.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US