The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kapal Selam TNI AL Hilang Kontak, Berikut Beberapa Kekuatan Armada Kapal Indonesia
Kapal selam KRI Alugoro-405 bersandar di Dermaga Faslabuh Selat Lampa Pangkalan TNI AL Ranai, Natuna, Kepulauan Riau. (photo: ANTARA/Teguh Prihatna)
News

Kapal Selam TNI AL Hilang Kontak, Berikut Beberapa Kekuatan Armada Kapal Indonesia

Rabu, 21 April 2021 21:28 WIB 21 April 2021, 21:28 WIB

INDOZONE.ID - Belum lama ini dikabarkan bahwa Kapal Selam TNI AL KRI Nanggala 402 hilang di perairan Bali. Hingga saat ini belum juga diketahui kondisi dari puluhan awak kapal selam tersebut.

Di samping berharap ditemukannya kapal selam tersebut, mari kita sedikit membahas kekuatan seluruh armada kapal selam Indonesia.

Semua kapal perang TNI Angkatan Laut didahului dengan inisial KRI, yang berarti Kapal Perang Republik Indonesia. TNI AL memiliki 6 kapal perang jenis Fregat, 25 kapal perang jenis Korvet serta berbagai kelas dan jenis lainnya, seperti kapal cepat rudal, kapal LPD, kapal LST, kapal selam dan kapal patroli, dan ini belum termasuk 2 Kapal layar tiang tinggi yang ada di TNI AL.

Ada juga beberapa jenis kapal lainnya dan beberapa kapal yang masih dalam tahap pembangunan. Jumlah kapal perang di yang akan dijelaskan di bawah ini belum termasuk kapal patroli yang panjangnya kurang dari 36 meter yang biasa disebut KAL atau Kapal Angkatan Laut yang berjumlah 317 unit.

Baca juga: Kapal Selam TNI Hilang Kontak Ternyata Bawa 53 Awak dan Torpedo

Kapal Kelas Cakra

kapal selam
KRI Nanggala 402. (Photo/Wikipedia)

KRI Nanggala 402 adalah salah satu kapal dari Armada Pemukul yang merupakan Kapal Selam tipe 209/1300 buatan Jerman. Kapal ini juga masuk dalam daftar Kapal Kelas Cakra yang memiliki persenjataan 8 x 21-inci (533 mm) torpedo tubes. Kapal dengan jenis yang sama bernama KRI Cakra 401.

Kapal Kelas Sigma

KRI Diponegoro 365
KRI Diponegoro 365. (Photo/Wikipedia)

Adapula Kapal Kelas Sigma yang merupakan Korvet jenis SIGMA (Ship Integrated Geometrical Modularity Approach) dari Belanda, yang sudah mulai bertugas sejak tahun 2007 sampai 2009.

Beberapa nama kapal jenis ini, yakni KRI Diponegoro 365, KRI Sultan Hasanuddin 366, KRI Sultan Iskandar Muda 367, KRI Frans Kaisiepo 368. Dengan persenjataan yang berisi; 1 x OTO Melara 76 mm, 2 x 20 mm Denel Vektor G12, 2 x quad MBDA Mistral TETRAL SAM (8 rudal), 4 x Exocet MM 40 Block II SSM, 2 x triple B515 launchers.

Kelas Ki Hajar Dewantara

KRI Ki Hajar Dewantara 364
KRI Ki Hajar Dewantara 364. (Photo/Wikipedia)

Kali ini membahas Armada Pendukung dari Kapal Kelas Ki Hajar Dewantara yang bernama KRI Ki Hajar Dewantara 364 yang dibuat oleh negara Yugoslavia. Kapal ini juga digunakan sebagai fregat latihan oleh TNI AL.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M. Rio Fani
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US
JOIN US