The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pandemi Covid-19 India Diperparah 'Jamur Hitam' dan 'Jamur Putih', Mata Pasien Diamputasi
Pasien Covid-19 India (REUTERS/Adnan Abidi)
News

Pandemi Covid-19 India Diperparah 'Jamur Hitam' dan 'Jamur Putih', Mata Pasien Diamputasi

Senin, 24 Mei 2021 10:14 WIB 24 Mei 2021, 10:14 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi Covid-19 di India semakin diperparah dengan kasus "jamur hitam". Tercatat, sekitar 7.250 pasien Covid-19 di India terserang "jamur hitam" dan sebagian besar mengalami kerusakan mata.

Sekitar 60% pasien yang mengidap mutasi Covid-19 dan terserang "jamur hitam", matanya harus diangkat. Kondisi jamur hitam ini disebabkan oleh jamur mucormycosis yang menyerang orang dengan sistem kekebalan lemah.

Dilansir The Sun, penyakit jamur hitam ini mulai merebak setelah gelombang kedua Covid-19 di India. Saat pasien menghirup jamur hitam, maka paru-paru dan sinus langsung diserang dan akhirnya menyebar ke wajah dan otak.

Jamur hitam ini membuat pasien mengalami penglihatan kabur, nyeri dada dan sulit bernapas. Salah seorang pasien bernama Anil Wankhede (54) yang terserang jamur hitam, mata kanannya harus diangkat dan jaringan sinusnya diambil.

"Jika kita tidak menghilangkan seluruh isinya, bersama dengan semua jaringan, saraf dan kelopak mata, infeksi dapat menyerang otak," ujar Dr Akshay Nair, dikutip dari The Sun.

"Pada tahap itu, kami tidak bisa menyelamatkan hidup mereka," katanya.

Tak hanya jamur hitam, India juga menghadapi penyakit "jamur putih" yang tidak kalah mematikan. Jamur putih ini berbahaya bagi pasien yang sistem kekebalannya lemah, pasien Covid-19, atau yang baru sembuh dari virus.

Infeksi jamur putih memang masih jarang, namun penderitanya mengalami gangguan paru-paru, perut, ginjal, dan otak. Dilaporkan, sudah ada 4 kasus jamur putih di kota Patna, Bihar, timur laut India.

Mereka menunjukkan gejala mirip Covid-19, tapi hasil tes mengungkap keempatnya tidak terinfeksi virus corona melainkan infeksi jamur putih.

Dokter mengingatkan penyakit jamur putih bisa sama berbahayanya dengan jamur hitam. Namun, infeksi jamur putih masih bisa ditangani jika cepat terdeteksi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US