The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

China Akhirnya Bebaskan 2 Warga Kanada Usai CFO Huawei Meng Wanzhou Bebas
Orang-orang memegang foto Michael Spavor dan Michael Kovrig. (REUTERS/ Lindsey Wasson)
News

China Akhirnya Bebaskan 2 Warga Kanada Usai CFO Huawei Meng Wanzhou Bebas

Sabtu, 25 September 2021 13:50 WIB 25 September 2021, 13:50 WIB

INDOZONE.ID - Dua warga negara Kanada telah dibebaskan dari tahanan China dan sedang dalam perjalanan pulang ke Kanada, kata Perdana Menteri Justin Trudeau.

Michael Spavor dan Michael Kovrig dituduh melakukan  spionase pada 2018, tak lama setelah polisi Kanada menangkap Chief Financial Officer (CFO) Huawei Meng Wanzhou atas surat perintah AS.

Namun, pada hari Jum'at (24/9/2021) Meng Wanzhou meninggalkan Kanada, setelah tiga tahun menjadi tahanan rumah. Penahanan itu telah memicu ketegangan diplomatik selama bertahun-tahun.

Baca juga: 3 Tahun Jadi Tahanan Rumah di Kanada, CFO Huawei Akhirnya Bebas

Dilansir BBC, kritikus menuduh China menahan warga Kanada sebagai pembalasan atas penangkapan Meng, untuk digunakan sebagai alat tawar-menawar politik. Tapi Beijing dengan tegas membantahnya.

Perdana menteri mengatakan kedua pria itu akan tiba di Kanada Sabtu pagi. Mereka didampingi oleh Dominic Barton, Duta Besar Kanada untuk China.

Mr Kovrig adalah mantan diplomat yang dipekerjakan oleh International Crisis Group, sebuah think tank yang berbasis di Brussels.

Sementara Mr Spavor adalah anggota pendiri sebuah organisasi yang memfasilitasi hubungan bisnis dan budaya internasional dengan Korea Utara.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Fitri
Fitri

Fitri

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US