Pimpinan DPR Lantik Ibnu Mahmud Gantikan Hanafi Rais di DPR

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 13:27 WIB
Ilustrasi Gedung DPR/MPR RI, Jakarta (ANTARA FOTO/Fauzan/foc.)
Ilustrasi Gedung DPR/MPR RI, Jakarta (ANTARA FOTO/Fauzan/foc.)

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melantik anggota Dewan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Ibnu Mahmud Bilalludin untuk menggantikan Hanafi Rais di sisa masa jabatan tahun 2019-2024. Ibnu juga berasal dari daerah pemilihan yang sama dengan Hanafi yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pelantikan ini dilakukan dalam rapat Paripurna, sebelum  agenda penyampaian pandangan fraksi-fraksi terkait RUU APBN 2022 pada, Kamis (19/8/2021).

Awalnya selaku pimpinan sidang, Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel mengatakan jika pihaknya sudah menerima surat keputusan Presiden dengan nomor 96/P tahun 2021 pada tanggal 19 Juli lalu. Surat tersebut berisi Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota dewan.

Baca Juga: Puan Minta Fraksi Beri Masukan Terkait RUU APBN 2022 Demi Penyelamatan Rakyat

"DPR telah menerima petikan surat keputusan presiden Indonesia Nomor 96/P Tahun 2021 tanggal 19 Juli 2021 tentang Persemian Pergantian Antar Waktu Anggota DPR dan MPR sisa masa jabatan 2019-2024 atas nama Ibnu Mahmud Bilalluddin dari Fraksi PAN dapil DIY menggantikan Hanafi Rais," kata Gobel di ruang rapat paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/8/2021).

Selanjutnya anggota dewan yang akan dilantik perihal PAW ini akan diambil sumpahnya.

"Selanjutnya, ketentuan pasal 18 ayat 5 Tatib DPR Nomor 1 Tahun 2020 yang berbunyi sebelum mengemban jabatannya anggota PAW mengucapkan sumpah yang dipandu oleh pimpinan DPR," ucap Rachmad Gobel.

"Sebelum memangku jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, sodara wajib bersumpah menurut agama Islam. Apakah saudara-saudara bersedia bersumpah berjanji menurut agama Islam?" tanya Puan.

"Bersedia," Jawab Ibnu.

"Patut saya ingatkan bahwa sumpah janji yang saudara-saudara ucapkan mengandung tanggungjawab bangsa dan negara Indonesia. Sumpah ini adalah terhadap Tuhan YME dan manusia yang harus ditepati dengan keikhlasan dan kejujuran," timpal Puan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Mahmud dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani, dengan didampingi Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Azis Syamsuddin dan Rachmad Gobel.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X