Tolak Fasilitas Isoman Bagi Anggota DPR, Politisi PPP: Jangan Bebani Anggaran Negara

- Rabu, 28 Juli 2021 | 15:34 WIB
Anggota DPR kabarnya akan diberikan fasilitas hotel untuk isoman ((ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Anggota DPR kabarnya akan diberikan fasilitas hotel untuk isoman ((ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PPP, Anas Thahir mengatakan adanya fasilitas isolasi mandiri (isoman) di hotel kepada Anggota DPR sebagaimana yang disediakan oleh Kesetjenan DPR hanya akan menimbulkan kecemburuan sosial.

"Saya nilai kontraporduktif dan bisa menimbulkan kecemburuan sosial di masyarakat. Karena pada dasarnya semua warga  harus memiliki akses yang sama pada fasilitas kesehatan," kata Anas kepada Indozone, Rabu (28/7/2021)

Dia berkata, bagi Anggota DPR yang positif Covid masih bisa menggunakan fasilitas Rumah Jabatan Anggota (RJA). Sebab ia memandang RJA cukup representatif untuk tempat isolasi mandiri karena memang tidak kontak langsung dengan masyarakat dan memiliki halaman yang cukup luas untuk aktivitas di ruangan tanpa berinteraksi langsung dengan orang lain.

Dengan demikian, lanjut Anas, anggaran yang diperuntukkan sewa hotel berbintang, lebih baik dialihkan untuk keperluan yang lebih penting dan menyentuh langsung terhadap kebutuhan masyarakat yang terdampak Covid.

"Kondisi anggaran negara sedang tidak baik, tidak perlu DPR membebani Anggaran Negara hanya untuk fasilitas Isoman," tegas dia.

BACA JUGA: Sudjiwo Tedjo Sindir Fasilitas DPR Isoman di Hotel, Sebut Isoman Rakyat Isolasi Super Mega

Lebih lanjut Anas memandang mungkin saja Kesekjenan menyiapkan tempat isolasi mandiri untuk pegawai Kesetjenan. Jika hal itu juga tujuannya, maka tidak perlu juga menjadikan hotel sebagai tempat isolasi mandiri sebagaimana tidak diperlukannya hotel khusus untuk tempat Isoman anggota DPR.

"Jika memang pemerintah hendak menyiapkan hotel untuk tempat Isoman, maka tempat tersebut harus bisa diakses semua pihak yang membutuhkan," tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menegaskan bilamana fasilitas isolasi mandiri yang disediakan Seketariat Jendral DPR tidaklah hanya diperuntukan bagi Anggota Dewan. Namun juga diberikan kepada mereka yang bekerja di lingkungan parlemen.

"Perlu saya jelaskan bahwa yang disiapkan fasilitas isoman bukan hanya anggota DPR, tetapi meliputi tenaga ahli kemudian staff anggota DPR dan ASN yang berada di lingkungan DPR. Jadi tidak khusus anggota DPR," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/7/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X