Menko PMK Minta Pelaksanaan Vaksinasi di Stasiun Kereta Semakin Diintensifkan

- Jumat, 30 Juli 2021 | 08:39 WIB
Menko PMK Tinjau vaksinasi di stasiun keteta di Jakarta (Humas PMK)
Menko PMK Tinjau vaksinasi di stasiun keteta di Jakarta (Humas PMK)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan vaksinasi yang dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) di sejumlah stasiun adalah hal yang baik.

Hal tersebut dikatakan Muhadjir saat meninjau vaksinasi di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta Pusat, pada Kamis (29/7/2021). Menko Muhadjir didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Direktur Utama PT KAI Didiek Haryanto, dan jajaran PT KAI dan PT KCI.

"Vaksinasi yang dilakukan di tempat dengan mobilitas tinggi seperti di stasiun adalah keputusan yang tepat," ujar Muhadjir dalam keterangannya dikutip Jumat (30/7/2021).

Baca Juga: Kapolri Sebut Muhammadiyah Sangat Membantu Percepatan Vaksinasi

Sebanyak 900 vaksin dosis pertama disiapkan, yang dilakukan di empat Stasiun KRL yaitu Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Duri dan Stasiun Angke. Kegiatan vaksinasi di empat stasiun KRL tersebut di mulai sejak Minggu (25/7/2021).

"Kemudian juga keamanan mereka yang berkendara dengan kereta api. Itu aman untuk dirinya, dan juga untuk yang lain yang mungkin belum mendapatkan kesempatan untuk divaksin," tegas Muhadjir.

Mantan Mendikbud itu pun menyarankan agar pelaksanaan vaksinasi ini betul-betul diintensifkan kepada masyarakat yang menggunakan moda transportasi kereta api dan KRL commuter line.

"Dengan demikian maka mereka-mereka yang selalu menggunakan jasa kereta api itu terjamin keamanannya sehingga dia naik kereta nyaman karena dia telah divaksin," tuturnya

Namun ia juga meminta agar PT KAI memberikan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat umum yang tidak menggunakan moda kereta api.

"Karena sudah terbukti bahwa siapa yang telah mendapatkan vaksin itu tingkat kekebalannya relatif lebih baik dibanding mereka yang belum divaksin. Dan tentu saja kita juga berharap Covid-19 ini segera berakhir. Salah satunya dengan vaksin ini," imbaunya.

Sementara itu, Menhub Budi Karya juga mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan PT KAI. Dia meminta agar pelaksanaan vaksinasi bisa semakin diperbanyak di daerah dan juga semakin diintensifkan.

"Baik di Jabodetabek, di kota-kota di Jawa, dan sebagainya," kata Menhub.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X