Penambahan Kata Baru di KBBI, Ada Kata 'Anjir' dan 'Oppa' 

- Senin, 5 Juli 2021 | 16:36 WIB
Tangkapan layar dari KBBI Daring. (Tangkapan layar).
Tangkapan layar dari KBBI Daring. (Tangkapan layar).

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring belum lama ini telah menambahan beberapa daftar kata baru yang dimasukkan ke dalam kamus Bahasa Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan kata-kata kekinian yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Setiap tahunnya Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring dimuktahirkan dua kali, yakni pada April dan Oktober. Dalam pemuktahiran ada beberapa kata yang mengalami perubahan atau penambahan makna.

Salah satu pemutakhir terbarunya terlihat dari unggahan akun officialganeshaoperation yang dilihat oleh Indozone, Senin (5/7/2021). Dalam unggahan tersebut, terlihat ada 13 kata baru yang disebutkan telah masuk di KBBI.

Salah satunya kata 'Anjir'. Jangan langsung berasumsi lebih jauh dulu mengenai kata ini. Karena dalam KBBI sendiri, 'Anjir' merupakan kata yang berarti penanda letak jebakan ranjungan.

Tidak hanya itu, terdapat pula kata-kata bahasa asing yang populer dalam budaya pop Korea, yaitu Oppa. Kata 'Oppa' sendiri di sini diartikan sama seperti artinya dalam kebudayaan di Negeri Ginseng tersebut. 

Baca Juga: Cegah COVID-19, Satgas TNI Edukasi Prokes kepada Warga Pedalaman Papua

"Panggilan dari perempuan kepada laki-laki lebih tua, biasanya yang memiliki hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama (seperti kakak kandung, teman, atau kekasih)," tertulis dari hasil pencarian KBBI.

-
Tangkapan layar arti kata 'Oppa' di KBBI. (Tangkapan layar).

Unggahan tersebut kemudian di komentari oleh para pengguna internet. Mereka mempertanyakan kata-kata baru tersebut, khususnya kata 'Oppa'.

"Hah oppa masuk KBBI? Udh resmi kah min? Kan kata oppa + artinya itu kan punyanya bahasa korea emng boleh yah?," kata seorang netizen.

"Ini seriusan min..... oppa bahkan bukan bahasa indo y Allah," kata netizen lain dalam unggahan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X