The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ridwan Kamil Minta Maaf Soal Pungli Pemakaman Jenazah Covid-19, Pelaku Langsung Dipecat
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Instagram/ridwankamil) / Kanan: Pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Rorotan (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
News

Ridwan Kamil Minta Maaf Soal Pungli Pemakaman Jenazah Covid-19, Pelaku Langsung Dipecat

Minggu, 11 Juli 2021 17:35 WIB 11 Juli 2021, 17:35 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta maaf atas pungli yang dialami keluarga pasien Covid-19 yang dimakamkan di TPU Cikadut, Kota Bandung.

"Kami memohon maaf atas dinamika yang terjadi di lapangan, karena seharusnya hal ini tidak terjadi," kata Kang Emil, Minggu (11/7/2021).

Ridwan Kamil menegaskan dia akan menindaklanjuti kasus ini bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri.

Pelaku meminta pungli dengan modus biaya pemakaman jenazah Covid-19 nonmuslim ditanggung mandiri, bukan oleh pemerintah. Saat ini, pelaku telah dipecat dan diproses polisi.

"Oknum tersebut sudah langsung dipecat dan sekarang diperiksa oleh kepolisian. Oknum-oknum tersebut ternyata melakukan modus tidak hanya kepada nonmuslim, namun kepada keluarga jenazah Covid yang muslim juga," kata Kang Emil.

Ridwan Kamil menegaskan pemakaman jenazah pasien Covid-19 tidak dipungut biaya apa pun. Petugas pemakaman mendapat bayaran sesuai UMK dari Pemda. Setelah ditangkap, oknum pelaku pungli itu telah mengembalikan uang kepada keluarga korban.

"Sudah berkoordinasi dengan Pemkot Bandung melalui Wakil Wali Kota agar memperbaiki dan meningkatkan pengawasan terkait pemakaman COVID-19 di wilayahnya agar kejadian serupa tidak terulang," katanya.

Salah satu keluarga yang jadi korban pungli petugas pemakaman TPU Cikadut adalah Yunita Megawati Tambunan. Dia diminta membayar biaya pemakaman ayahnya sebesar Rp4 juta, tapi kemudian nego menjadi Rp2,8 juta.

"Saya bertanya. Kenapa saya harus bayar pak? R (pelaku) mengatakan bahwa, kalau non muslim tidak ditanggung pemerintah," tambahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US