Malaysia Klaim Reog, Pimpinan DPR Minta Pemerintah Tegas

- Kamis, 7 April 2022 | 13:33 WIB
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar. (INDOZONE/Harits Tryan)11
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar. (INDOZONE/Harits Tryan)11

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Muhaimin Iskandar, meminta pemerintah harus menghadang rencana negara Malaysia yang bakal mengajukan Reog menjadi warisan budayanya ke UNESCO.

Muhaimin menyatakan Malaysia kerap kali mengklaim budaya Indonesia. Untuk itu pemerintah harus lebih tegas lagi di dalam mengambil keputusan.

"Upaya klaim Malaysia mau mengajukan Reog harus dihadang. Tidak boleh Malaysia mengklaim Reog karena ini memang asli budaya kita. Kasus ini sebenarnya sering terjadi, saya kira pemerintah harus lebih tegas lagi," ujar Muhaimin kepada wartawan, Kamis (7/6/2022).

Ia pun mendesak pemerintah untuk segera menginventarisir dan menetapkan klasifikasi budaya asli Indonesia. Menurut Cak Imin—sapaan akarab Muhaimin Iskandar—langkah sangat penting dilakukan agar klaim negara lain tidak lagi terjadi. 

“Setelah diinventarisir saya minta segera didaftarkan ke UNESCO," tegasnya.

Cak Imin mengingatkan bahwa budaya warisan leluhur Nusantara wajib dijaga dan dilestarikan oleh segenap bangsa. Pemerintah sebagai pemangku kebijakan disebutnya punya kewajiban untuk menjaganya agar tidak dicaplok negara lain.

Baca juga: Bermain Buruk, Nagelsmann Akui Bayern Munchen Pantas Kalah

"Leluhur kita tidak sembarangan menciptakan budaya dan tradisi. Kita bisa harmoni seperti sekarang ya karena budaya-budaya yang mereka wariskan ke kita. Jadi jangan dianggap sepele, dan mari kita jadikan budaya sebagai Panglima," tuturnya.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menegaskan, Reog sebagai budaya asli Indonesia seharusnya dipromosikan ke dunia internasional agar lebib dikenal dan tidak mudah diklaim negara lain.

Ditambahkan dia Indonesia sudah punya Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Seharusnya dengan UU ini semangat pemerintah untuk melindungi, mengembangkan dan membina kebudayaan nasional bisa lebih kuat.

"Pak Jokowi sudah sering mengingatkan juga peran strategis kebudayaan nasional dalam pembangunan, ada keseimbangan antara infrastruktur keras dengan infrastruktur lunak dalam wujud karakter dan jatidiri bangsa yang dikembangkan lewat jalan kebudayaan," tukasnya.

Sebelumnya Malaysia mengklaim Reog sebagai warisan budaya negara tersebut ke UNESCO. Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

“Untuk Reog, negara Malaysia rencananya mau ajukan juga, maka dari itu kita harus lebih dulu. Karena ini kan sudah menjadi budaya dan warisan kita,” ungkap Muhadjir, Selasa (5/4/2022).

Oleh karena itu, Muhadjir meminta Pemerintah Ponorogo secepatnya mempersiapkan data-data yang diperlukan guna meloloskan pengajuan ini.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X