PDIP: Megawati dan Presiden Jokowi Bahas Kepemimpinan Nasional, Bukan Kesepakatan Capres

- Selasa, 21 Maret 2023 | 02:05 WIB
Presiden Jokowi (kiri) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kanan). (Dok PDIP)
Presiden Jokowi (kiri) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kanan). (Dok PDIP)

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa pembahasan soal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) antara Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disampaikan secara tertutup.

Di mana, kata Hasto, pertemuan itu juga membahas sejumlah hal mulai dari dinamika politik nasional dan arah bangsa masa depan. Sehingga, terkait nama capres-cawapres yang dibicarakan pada pertemuan itu akan disampaikan oleh Megawati Soekarnoputri.

"Kemudian terkait dengan nama (capres), Pak Jokowi pun mengatakan nanti tanya sama Ibu Mega. Jadi kita tunggu keputusan dari Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertemu Megawati Selama 3 Jam di Istana Merdeka, Bahas Pemilu 2024

Mengenai apakah pertimbangan soal capres-cawapres yang disampaikan Presiden Jokowi ke Megawati dapat diterima dan jadi pertimbangan, Hasto menjawab diplomatos.

Kata Hasto, apa yang disampaikan Presiden Jokowi menunjukan dirinya sangat concern bagaimana kepemimpinan selama dua periode itu berkelanjutan. Apalagi, dia menyebut bahwa capres yang dibicarakan harus satu nafas pemerintahan sejak Bung Karno, Megawati, dan Jokowi serta kepemimpinan nasional yang akan datang.

"Tentu saja nanti mungkin akan ada partai politik dalam kerja sama dan paling penting adalah topangan dari rakyat," tutur Hasto.

Hanya Pertemuan Antar Kader

Lebih lanjut Hasto berujar bahwa pertemuan Megawati dan Jokowi adalah pertemuan antar kader partai berlambang banteng moncong putih. Sehingga, tidak tepat jika ditanyakan apakah ada kesepakatan di antara kedua tokoh seusai pertemuan. Terminologi yang tepat adalah pertemuan itu menghasilkan kesepahaman soal pemimpin masa depan.

"Pertemuan antar kader ini kesepahaman, bagaimana (pemimpin selanjutnya dapat mewujudkan) seluruh ide pemikiran gagasan Bung Karno, nanti diwujudkan melalui tata pemerintahan negara yang baik," jelas Hasto.

Sebelumnya, Presiden Jokowi tak menampik bahwa pertemuannya dengan Megawati turut membahas Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024.  Presiden Jokowi yang juga politikus PDIP, mengaku memberikan pandangan terkait sejumlah nama bakal calon Presiden berdasarkan data yang dimiliki kepada Megawati.

“Yang jelas saya memberikan pandangan-pandangan dari angka-angka yang kita miliki dan dari data yang kita miliki,” kata Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Beri Masukan ke Megawati soal Capres, Nama Siapa yang Disebut?

Namun, Presiden Jokowi enggan menyebutkan siapa nama Capres-Cawapres yang dibahas dalam pertemuan itu. Dia pun meminta agar hal itu ditanyakan langsung kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Calonnya tanya Bu Mega,” jelas Jokowi.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X