Berniat Hindari Kemacetan saat Arus Balik, Pemudik di Trans Sulawesi Justru Tak bergerak

- Jumat, 28 April 2023 | 16:21 WIB
Kemacetan di jalur Trans Sulawesi macet. (Z Creators/Rudi Hartono)
Kemacetan di jalur Trans Sulawesi macet. (Z Creators/Rudi Hartono)

Situasi lalu lintas di jalur Trans Sulawesi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Ujung, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan terlihat padat merayap. Kondisi ini terjadi sejak 26 April lalu. Akibatnya pengendara pun harus bersabar selama ber jam jam terjebak dalam kemacetan panjang.

Kondisi ini terjadi disebabkan banyak pemudik yang memilih kembali dari kampung halaman mereka lebih awal untuk menghindari kemacetan. Saat puncak arus balik kedua yang di perkirakan terjadi pada 30 April dan 1 Mei mendatang. Bukannya terbebas dari macet, mereka tetap saja terjebak kemacetan panjang di wilayah Kota Parepare.

"Saya dan keluarga dari Toraja Utara, sekarang ini mau balik ke Makassar karena sudah mulai masuk kerja. Niatnya memang menhindari macet, tapi tetap saja kena," terang Iqbal salah satu pengendara yang ditemui Z Creators Rudi Hartono, Jumat (28/4/2023).

-
Kemacetan di jalur Trans Sulawesi macet. (Z Creators/Rudi Hartono)

Tidak hanya Iqbal, hal yang sama juga dirasakan Rasman. Rasman yang sengaja berangkat lebih pagi agar terhindar dari kemacetan, tetap saja harus bersabar setelah lebih dari 3 kali terjebak kemacetan.

"Pertama itu macet sekitar 1 jam di daerah Rappang, memasuki perbatasan Parepare macet lagi sekitar 2 jam dan di sini lagi lagi kena macet. Ini sudah lebih 1 jam," beber Rasman.

-
Kemacetan di jalur Trans Sulawesi macet. (Z Creators/Rudi Hartono)

Arus Lalu lintas di jalur Trans Sulawesi, Kecamatan Ujung, Parepare ini memang didominasi oleh kendaraan pribadi. Sejumlah besar pengendara ini berniat menuju ke Kota Makassar setelah menghabiskan libur lebaran di kampung halamanya di daerah Sidrap, Toraja Utara, dan Tana Toraja, Enrekang, hingga Palopo dan Wajo.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X