Isi Ceramah Salat Id, Din Syamsuddin: Perbedaan Lebaran Jangan Bawa Umat ke Perpecahan!

- Jumat, 21 April 2023 | 09:02 WIB
Khotbah Shalat Idul Fitri 1444 H dibawakan oleh Din Syamsuddin yang dilaksanakan di lapangan parkir Jakarta International Equestrian Park, Jumat (21/4/2023). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)
Khotbah Shalat Idul Fitri 1444 H dibawakan oleh Din Syamsuddin yang dilaksanakan di lapangan parkir Jakarta International Equestrian Park, Jumat (21/4/2023). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin menjadi penceramah salat id di Jakarta International Equestrian Park, Jakarta Timur. Dalam ceramahnya, Din membahas terkait perbedaan Hari Raya Idul Fitri 1444 hijriah yang terjadi pada tahun ini.

"Tahun ini kita merayakan idul fitri pada dua hari yang berbeda antara Muhammadiyah dan organisasi-organisasi islam tertentu dengan pemerintah yang juga didukung oleh sejumlah organisasi-organisasi islam," kata Din dalam ceramahnya di lokasi, Jumat (21/4/2023).

Baca JugaPemkot Semarang Akan Gelar Salat Idul Fitri di Halaman Balaikota

Dengan terjadinya perbedaan waktu hari H idul fitri, Din meminta masyarakat muslim untuk tidak terpecah apalagi menjadi saling bermusuhan.

"Janganlah perbedaan ini yang sudah sering terjadi walaupun tidak selalu setiap tahun membawa kita umat islam kepada perpecahan dan apalagi permusuhan. Insyaallah umat islam sudah dewasa, sudah matang dalam beragama," beber Din.

Baca Juga: Kebakaran di Mal Senayan City, Sumber Api Diduga dari Restoran

Lebih jauh, Din menyebut perbedaan hari H lebaran berdasarkan keyakinan masing-masing umat islam. Untuk itu, dia meminta umat islam untuk saling mengedepankan toleransi antar umat islam.

"Oleh karena itu jamaah yang hadir pada salat id ditempat ini perlu mengedepankan toleransi dan tenggang rasa kepada umat islam yang baru beridul fitri besok," kata Din.

"Mudah-mudahan perbedaan ini dapat disatukan di masa yang akan datang," sambungnya.

Diberitakan sebelumnya, Pimpinan Pusat PP Muhammadiyah menetapkan hari raya Idul Fitri jatuh pada hari ini. Sedangkan pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan hari raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 Hijriah pada Sabtu, 22 April 2023 besok.

PP Muhammadiyah sendiri sudah menyiapkan sejumlah lokasi salat id di seluruh wilayah Jakarta salah satu lokasinya yakni di Jakarta International Equestrian Park. Khatib atau penceramah dalam salat tersebut diisi oleh Din Syamsuddin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X