Dukung Ganjar Pranowo, PDIP dan PPP akan Segera Gelar Pertemuan

- Rabu, 26 April 2023 | 20:10 WIB
Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/HO-Humas Pemprov Jateng)
Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/HO-Humas Pemprov Jateng)

PDI Perjuangan (PDIP) menyambut baik keputusan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang telah resmi mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024.

"Keputusan PPP ini merupakan sebuah dukungan sangat positif. PDI Perjuangan memberi apresiasi kepada PPP,” kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Rabu (26/4/2023).

PDI Perjuangan, kata Hasto, mencatat salah satu landasan PPP mendukung Ganjar adalah PPP ingin menitipkan prinsip amar ma'ruf nahi munkar untuk diimplementasikan dalam tatanan politik pemerintahan di masa mendatang.

-
Ganjar Pranowo (Instagram/@ganjar_pranowo)

Baca Juga: PPP Umumkan Ganjar Pranowo Jadi Capres di Momen Pasar Rakyat

“Prinsip amar ma'ruf nahi munkar tersebut senafas dengan nasehat Ibu Megawati ke Mas Ganjar Pranowo yaitu bijaksana dan baik, baik dan bijaksana,” ujar Hasto.

Dari sisi aspek sejarah, lanjut Hasto, hubungan PDIP dan PPP memiliki kesamaan di masa lalu yang menjadi partai tertindas oleh Orde Baru.

“Selain itu, Ibu Megawati dan Pak Hamzah Haz pun juga memiliki hubungan yang sangat erat apalagi pernah bersama di Pemerintahan,” tutur Hasto.

“Saat itu, Pak Hamzah menjadi wakil presiden. Ibu Megawati juga mempunyai persahabatan baik dengan ulama karismatik dan tokoh senior PPP, KH Maimun Zubair atau akrab dipanggil Mbah Moen semasa hidupnya,” imbuhnya.

Hasto menyatakan, keputusan PPP mendukung Ganjar akan ditindaklanjuti dengan pertemuan dan dialog antarkedua partai dalam waktu dekat.

Dia menyebut, pertemuan itu untuk mengukuhkan kerja sama partai politik dalam sistem presidensial yang berdiri kokoh pada rakyat sebagai pemegang prinsip kedaulatan negara.

Baca Juga: Punya Elektoral, Prabowo Bisa Jadi Cawapres Paling Ideal untuk Ganjar di Pilpres 2024

“PDI Perjuangan menyambut terbuka atas dukungan yang diberikan, setelah Partai memutuskan mengusung Mas Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang,” pungkas Hasto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X