Komnas HAM 'Bocorkan' Hasil Pertemuan dengan Keluarga Brigadir J di Jambi

- Minggu, 17 Juli 2022 | 15:58 WIB
Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam. (Tangkapan Layar Youtube Komnas HAM)
Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam. (Tangkapan Layar Youtube Komnas HAM)

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bertemu langsung dengan keluarga Brigadir J, polisi yang tewas di kediaman Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo. Sejumlah data-data digali dan didapatkan Komnas HAM selama bertemu dengan keluarga Brigadir J.

"Komnas HAM sejak kemarin berada di Jambi bertemu sama pihak keluarga," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam dalam sebuah video seperti dilihat pada Minggu (17/7/2022).

Anam menyebut pihaknya sejak siang hingga malam melakukan komunikasi dengan pihak keluarga Brigadir J. Dalam pertemuan itu, Anam mengungkap jika Komnas HAM mendapat banyak data mulai dari foto maupun video.

"Apa yang didapatkan Komnas HAM dalam proses ini, Komnas HAM tentu saja dapat lebih banyak dari apa yang beredar di publik khususnya soal foto, video," beber Anam.

Tak hanya foto dan video, Anam menyebut pihaknya juga mendapat penjelasan mengenai foto dan video tersebut.

"Yang paling penting konteksnya. Jadi foto itu diambil bagaimana? Konteksnya apa? Penjelasan dari keluarga itu yang penting," kata Anam.

BACA JUGA: Komnas HAM Tegaskan Bekerja Sendiri Dalam Kasus Baku Tembak di Rumah Kadiv Propam

Selain mendapat foto dan video, Komnas HAM disebutnya juga mendapatkan keterangan-keterangan terkait dugaan peretasan hp milik Brigadir J termasuk kedatangan aparat kepolisian ke rumah Brigadir J.

"Yang lain lagi kami dapat polisi datang dalam jumlah banyak. Kami dikasih keterangan peristiwa itu backgroundnya apa, konteksnya apa, kapan waktunya, momentumnya apa dan siapa yang datang kesana. Kami dikasih tahu semuanya oleh pihak keluarga," kata Anam.

Langkah Komnas HAM mendatangi pihak keluarga Brigadir J di Jambi sebagai langkah awal penyelidikan yang dilakukan Komnas HAM. Anam menyebut Komnas HAM masih akan berada beberapa waktu di Jambi.

"Kami sedang berproses. Hari ini kami tetap di Jambi, kami masih mendalami berbagai hal sehingga kami bisa dapat banyak disini," paparnya.

Sekedar informasi, Brigadir J tewas usai baku tembak dengan Bharada E di kediaman Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo. Baku tembak diawali dengan adanya tindakan penodongan hingga pelecehan yang dilakukan J terhadap istri Kadiv Propam.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sendiri sudah membentuk tim khusus dengan menggandeng pihak eksternal salah satunya Komnas HAM untuk menyelidiki kasus ini. Namun, Komnas HAM menegaskan tidak tergabung dalam tim khusus tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X