Bicara soal Keadilan di Jakarta, Anies Baswedan: Saya Buat Keadilan sebagai Kunci

- Jumat, 15 Juli 2022 | 22:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menjadi pembicara via Zoom. (INDOZONE/Bima Febrianto)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menjadi pembicara via Zoom. (INDOZONE/Bima Febrianto)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut menjadi pembicara dalam diskusi publik tentang Menjawab Tantangan Masa Depan Bangsa sekaligus peluncuran buku 'Anies Baswedan: Gagasan, Narasi, Karya' yang ditulis oleh Abdurrahman Syehbubakar dan Smith Alhadar.

Dalam acara itu, Anies Baswedan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada penulis buku.

“Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada para penulis yang telah meluangkan waktunya untuk memikirkan, menganalisa dan membaca atas apa yang berlangsung di Jakarta.” ujar Anies Baswedan pada acara Diskusi Publik di D’Rumah kita, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/7/2022).

Lebih lanjut di rangkaian acara itu Anies membahas tentang beberapa hal yang terkait dengan pembahasan buku tersebut.

“Pertama, ketika kita memulai ini, telah ditekankan bahwa semua yang dilaksanakan harus tertuju kepada sebuah visi. Visi itu harus berbentuk mantra yang sederhana, kalimat sederhana yang dipahami oleh semua”, ujar Anies

“Dan yang saya ingin garisbawahi waktu itu adalah menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat di kota Jakarta. Jadi, saya buat keadilan sosial itu sebagai kunci. Dan apapun yang kita akan lakukan kita harus cocokkan, kalau dalam bahasa yaitu kalibrasi,” sambungnya.

Anies juga mengatakan, arahnya sesuai dengan keinginan menghadirkan keadilan sosial dalam Kota Jakarta. 

“Inilah kemudian yang menjadi pegangan kita, yang ada di dalam semua perencanaan baik itu di bidang infrastruktur seperti pembangunan jalan, trotoar, stadium, taman dan sebagainya,” ucap Anies.

“Maupun infrastruktur lunak seperti penjaminan kesehatan untuk seluruh warga, penyediaan akses pendidikan yang merata serta bantuan sosial," lanjutnya.

Terkait dengan hal ini, Anies Baswedan juga menambahkan bahwa segala sesuatunya harus menggunakan terjemahan dari keinginan kita untuk menghadirkan rasa terkait keadilan sosial itu tadi.

Akhir kata, Anies mengatakan bahwa yang jelas dibalik setiap hal yang kita kerjakan, harus ada gagasan serta ide yang matang.

Reporter: Bima Febrianto

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X