Beli Pertalite dan Solar Harus Pakai Aplikasi, DPR Ingatkan Ada Warga yang Belum Punya HP

- Selasa, 28 Juni 2022 | 13:08 WIB
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite ke sepeda motor konsumen di SPBU. (ANTARA/Makna Zaezar)
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite ke sepeda motor konsumen di SPBU. (ANTARA/Makna Zaezar)

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad turut memberikan komentar perihal rencana pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar yang harus menggunakan aplikasi MyPertamina.

Dasco memandang mungkin saja penggunaan aplikasi MyPertamina sebuah upaya dari Pertama untuk menghadirkan terobosan di dalam pembelian dan penjual BBM. Namun yang ditekankannya adalah sosialisasi secara luas ihwal penggunaan aplikasi tersebut.

“Namun menurut saya hal ini juga perlu dilakukan sosialisasi yang lebih luas dan mendalam,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Kata Dasco, sosialisasi tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang belum mempunyai handphone atau belum mengerti menggunakannya.

Sehingga, tutur Dasco, masyarakat ke depannya tidak kaget bilamana  mulai tanggal 1 Juli penerapan pembelian BBM Pertalite dan Solar harus menggunakan MyPertamina.

“Terutama juga harus dipikirkan bagi masyarakat yang belum mempunyai HP atau HP-nya yang belum bisa seperti android, yang bisa mengunduh aplikasi. Sehingga seiring berjalannya kebijakan ada juga perlakukan yang berbeda terhadap, yang belum mempunyai hp yang bisa mengunduh aplikasi,” urai Dasco.

Politisi Partai Gerindra ini juga meminta kepada Komisi terkait yang bermitra dengan Pertamina agar melakukan koordinasi. Sehingga kebijakan ini tetap bisa menyentuh kepada rakyat kecil.

“Kita akan minta ke komisi teknis terkait tentunya melakukan koordinasi dengan mitra pemerintah yaitu pertamina untuk kemudian agar kebijakan ini bisa lebih menyentuh kepada rakyat kecil,” tandas Dasco.

BACA JUGA: Antisipasi Kelangkaan, Pertamina Bakal Pasok BBM Selama 24 Jam hingga Lebaran

Sebelumnya diketahui, mulai 1 Juli 2022, warga yang ingin membeli BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar, harus menggunakan aplikasi MyPertamina. Tujuannya agar penyaluran subsidi bisa tepat sasaran.

"Kami menyiapkan website MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022," kata Dirut Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution.

Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar, bisa mendaftar lewat laman tersebut. Setelah itu, warga tinggal menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X