Di Depan Mahfud MD dan Pejabat Pemda Seluruh Indonesia, Anies Ingin Ada Integrasi Nasional

- Senin, 20 Juni 2022 | 09:28 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Seminas APPSI. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)111
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Seminas APPSI. (Dok. Pemprov DKI Jakarta)111

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka secara resmi Seminar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Gedung Raya Semarak, Bengkulu, Minggu (19/6) malam.

Dalam pembukaan itu turut hadir pula Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, serta para peserta yang terdiri dari utusan masing-masing Pemerintah Daerah.

Ketika memberikan sambutannya, Anies sempat membahas tema dari seminar tersebut, yakni “Menjaga dan Membangun Integrasi Nasional”. Ia menilai hal itu menjadi reflektif terkait tugas dan tanggung jawab para anggota APPSI.

Baca juga: Sudah 3 Pemain Alami Cedera di Piala Presiden 2022, 2 Di Antaranya Jagoan Persib

“Di sisi lain pemerintah provinsi menjadi garda depan bagi pemerintah pusat untuk menjalankan fungsi-fungsi yang harus dilaksanakan di tingkat daerah,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Senin (20/6/2022).

“Maka dari itu penting bagi kami melihat dinamika yang terjadi dan bagaimana kita bisa memastikan bahwa integrasi nasional benar-benar berjalan dengan baik,” tambah Anies.

Anies pun turut memaparkan pentingnya integrasi nasional yang menempatkan persatuan sebagai unsur utama. Pasalnya, ia menyebut saat ini terjadi kemajuan di berbagai sektor, dan pada saat yang sama kemajuan itu tidak terjadi sama di semua sektor.

“Ada yang pesat dan ada yang lambat. Ini memberikan tantangan pada kita agar kita bisa mempertahankan dan saling menguatkan,” terangnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Jakarta ini juga berharap tujuan tercapainya stabilitas nasional dapat terwujud dengan bekal integrasi. Ia berharap unsur dasar, yakni memastikan stabilitas nasional dapat terjadi.

“Karena itu dalam seminar ini kita akan mendapatkan arahan dari Pak Menkopolhukam tentang bagaimana kita mengarungi ke depan, terlebih yang hadir di sini adalah asisten bidang pemerintahan dan kepala biro pemerintahan yang akan menerjemahkan arahan Bapak dan apa yang menjadi bahan seminar untuk bekal integrasi betul-betul terjaga,” tandas Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X