The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ingatkan Polri, Presiden Jokowi: Junjung Tinggi HAM!
Presiden Jokowi saat pimpin HUT Bhayangkara di Semarang. (Screenshoot/Youtube Sekretariat Presiden)
News

Ingatkan Polri, Presiden Jokowi: Junjung Tinggi HAM!

Selasa, 05 Juli 2022 22:02 WIB 05 Juli 2022, 22:02 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan-pesannya kepada institusi Polri di Hari Bhayangkara ke-76. Jokowi mengingatkan Polri harus menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM) dalam pelaksanaan tugasnya.

"Saya perlu mengingatkan rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan oleh rakyat harus dirasakan masyarakat," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di acara HUT Bhayangkara, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022).

Presiden juga meminta Polri untuk melakulan penindakan hukum sebagai upaya  terakhir. Dengan kata lain, upaya pencegahan perlu dilakukan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Tutup Usia, Mabes Polri Berduka

"Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga kamtibmas. Lakukan tindakan kepolisian dengan humanis, namun tegas ketika diperlukan. Jadikan penegakan upaya terakhir harus taat prosedur dan menjunjung tinggi hak asasi manusia," beber Jokowi.

Lebih jauh lagi, Jokowi menyebut tugas Polri ke depan semakin berat. Untuk itu dia meminta agar Polri tetap berkoordinasi dengan lembaga-lembaga lainnya.

"Guna menghadapi tugas Polri yang semakin berat, individu anggota Polri dan kelembagaan Polri harus terus beradaptasi, harus semakin adaptif, responsif bertaransformasi dan menjadi institusi moderen dan bersinergi dengan TNI, kementerian dan lembaga-lembaga dalam menjalankan tugasnya," pungkas Kepala Negara.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US