Siap Mantu, Presiden Jokowi dan Iriana Pasang Bleketepe di Rumah Solo

- Jumat, 9 Desember 2022 | 11:38 WIB
Presiden Joko Widodo memasang bleketepe untuk pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
Presiden Joko Widodo memasang bleketepe untuk pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, terpantau sedang memasang bleketepe di atas gerbang kediamannya yang terletak di Solo, Jawa Tengah.

Pemasangan bleketepe ini sendiri merupakan bagian dari prosesi adat pernikahan yang akan dilakukan putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep.

Kaesang akan menikah dengan kekasihnya, Erina Gudono. Akad nikah akan dilangsungkan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). 

Kaesang Pangarep dan Erina sudah sepakat untuk menggelar pernikahan menggunakan adat Jawa. Maka dari itu, pemasangan bleketepe menjadi salah satu prosesi yang mesti dijalani.

Baca Juga: Ma’ruf Amin Isi Khotbah Pernikahan Kaesang-Erina, 2 Menteri Ini Bakal Jadi Saksi

-
Iriana Joko Widodo (kanan) melepas penutup pisang tuwuhan usai prosesi bleketepe (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

 

Secara harfiah, bleketepe berasal dari kata ‘bale katapi.’ Kata ini bermakna membuang kotoran atau berbagai hal yang dianggap tidak suci, mengingat sebuah pasangan akan memulai kehidupan baru.

Pada umumnya, bleketepe dibuat dari daun kelapa yang masih hijau. Bleketepe dipasang mengelilingi area prosesi pernikahan.

Maka dari itu, pemasangan bleketepe juga dianggap sebagai prosesi untuk menyucikan tempat pernikahan.

Baca Juga: Mau Dinikahi Kaesang, Ini Potret Cantik Erina Gudono Pakai Mahkota Puteri Indonesia DIY

Presiden Jokowi dan sang istri, Iriana, memasang langsung bleketepe ini. Sebab, bleketepe ini memang umumnya dipasang oleh orang tua pengantin sebelum proses siraman.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X