Kota Semarang Jadi Kota Tertinggi Capaian UHC, Mbak Ita Bangga: Alhamdulillah

- Selasa, 14 Maret 2023 | 21:09 WIB
Mbak Ita Wali Kota Semarang saat menerima penghargaan. (Dok. Pemkot Semarang)
Mbak Ita Wali Kota Semarang saat menerima penghargaan. (Dok. Pemkot Semarang)

Pemerintah pusat mengapresiasi komitmen Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu beserta jajarannya dalam mengupayakan pemenuhan pelayanan kesehatan warga kota Semarang melalui program UHC (Universal Health Coverage).

Wali Kota yang akrab disapa mbak Ita tersebut dinilai berhasil menjadikan Kota Semarang sebagai salah satu kota tertinggi dalam capaian cakupan UHC.

"Alhamdulillah Kota Semarang menjadi salah satu yang tertinggi di dalam capaian UHC. Sampai dengan bulan Maret ini, angkanya sudah mencapai 99,23%. Harapannya angka capaian tersebut bisa segera menyentuh angka 100%," tutur mbak Ita.

Atas keberhasilan tersebut, Pemerintah Pusat menganugerahkan penghargaan UHC kepada Pemerintah Kota Semarang.

Baca juga: Peringati Hari Ibu ke-94, Mbak Ita Luncurkan Aduan Layanan 'Sapa Mbak Ita'

Menteri Dalam Negeri, M Tito Karnavian secara langsung memberikan penghargaan tersebut kepada wali kota perempuan pertama di Kota Semarang, Selasa (14/3) di Balai Sudirman Jakarta.

Usai menerima penghargaan, Mbak Ita menegaskan komitmen jajarannya untuk memberikan fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Kota Semarang.

“Tentunya ini adalah komitmen dari Pemerintah Kota Semarang untuk mewujudkan bagaimana masyarakat diberi fasilitas kesehatan. Sehingga pada tahun ini, Pemerintah Kota Semarang menganggarkan sekitar 47 milyar dan nanti perubahan ditambah 14 milyar,” terang Mbak Ita.

“Kita harapkan kalau kita mau 100%, kita perlu menyisihkan lagi anggaran dari APBD untuk tambahan kerja sama dengan BPJS. Tapi ini merupakan komitmen kita bersama. Kita berharap, tahun ini atau maksimal tahun depan 100% sudah bisa tercapai,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah juga menyerahkan penghargaan kepada 22 Provinsi se-Indonesia.

Sedangkan penghargaan bagi 344 pemerintah daerah (Pemda) peraih UHC diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti, dan beberapa tamu undangan.

Acara ini juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X