Ternyata Ini Alasan Presiden Jokowi Gelar Pernikahan Mewah Kaesang dan Erina!

- Minggu, 11 Desember 2022 | 12:31 WIB
Presiden Jokowi dan Iriana bersama keluarga besar tiba di Loji Gandrung. (Laily Rachev/Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina)
Presiden Jokowi dan Iriana bersama keluarga besar tiba di Loji Gandrung. (Laily Rachev/Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina)

Presiden Joko Widodo ternyata punya alasan menarik menggelar pernikahan mewah dan megah putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. 

Menurut Presiden Jokowi, hal itu dilakukan bukan semata-mata untuk unjuk kemewahan melainkan bagian dari melestarikan kebudayaan dan memperkenalkan kepada generasi muda. 

“Hari ini ngunduh mantu sekaligus kita uri-uri, merawat, memelihara kebudayaan karena budaya adalah warisan para leluhur kita. Oleh sebab itu mengenalkan budaya kita adalah wajib. Mencintai budaya kita juga kewajiban kita bersama,” ujar Presiden Jokowi sesaat sebelum prosesi ngunduh mantu digelar, Minggu (11/12/2022). 

-
Ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina. (Laily Rachev/Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina)

Baca juga: Kirab Pernikahan Kaesang dan Erina Dibanjiri Warga, Presiden Jokowi Bagi-bagi Suvenir

Presiden Jokowi menekankan bahwa budaya Indonesia harus ditunjukan. Budaya merupakan karakter bangsa yang enggak boleh hilang. 

“Kecintaan kepada budaya harus kita tunjukan agar identitas budaya kita muncul kembali. Dan karakter kita, karakter budaya kita juga semakin kita mencintai,” imbuhnya. 

Pesta pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono digelar di dua lokasi. Akad nikah digelar di Pendopo Agung Royal Ambarukkmo, Yogyakarta, Sabtu, 10 Desember 2022. 

Keesokan harinya, Minggu, 11 Desember 2022 digelar ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah. Sebelum ngunduh mantu dilakukan Kaesang dan Erina beserta Presiden Jokowi dan keluarga besar diarak dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

 

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X