Cek Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran di Pasar, Ganjar: Masih Aman dan Stabil

- Rabu, 5 April 2023 | 19:17 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat cek harga di pasar. (Dok Ganjar)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat cek harga di pasar. (Dok Ganjar)

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melakukan operasi ke Pasar di wilayah Jateng untuk memantau harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan libur lebaran, Rabu (5/4/2023). Dia datang ke Pasar Johar Kota, Semarang, Jateng dan menemukan bahwa harga bahan pokok saat ini cenderung stabil. 

Namun demikian, dia tak memungkiri ada kenaikan pada komoditas bawang putih. Meskipun naik, Ganjar menyebut masih di bawah harga acuannya. Adapun, harga acuan atau harga tertinggi bawang putih yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian berkisar Rp 32.000

“Kita melihat harga-harga yang ada di sini. Kalau bahan pokok sih relatif tadi masih stabil ya, bawang putih, bawang merah. Bawang putihnya relatif stabil, bawang merahnya itu agak sedikit naik tapi masih di di bawah harga acuannya,” kata Ganjar dalam siaran persnya kepada wartawan, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga: Cek Harga Pangan di Pasar Jakarta, Presiden Jokowi Sebut Banyak yang Turun

Ganjar mengatakan, operasi pasar yang dilakukan kali ini merupakan upaya Pemprov Jateng untuk menstabilkan harga bahan pokok menjelang lebaran. Sebab itu, kata Ganjar, operasi pasar masih akan terus dilakukan sampai mendekati Hari Raya Idul fitri.

“Kita masih akan cek terus harga-harga menjelang lebaran nanti ya,” kata Ganjar.

Selain memantau harga komoditas, Ganjar juga mengecek harga-harga pakaian di pasar tersebut. Menurut Ganjar, suasana lebaran sudah begitu terasa meskipun Idul Fitri relatif masih lama.

“Pakaiannya sudah terasa kenaikannya. Rasa-rasanya suasana lebarannya sudah mulai ada ya. Jadi ini geliat ekonomi yang cukup bagus dan kita masuk sengaja pasar-pasar yang tradisional,” kata Ganjar.

Baca Juga: Ganjar Terima Dikritik Imbas Pembatalan Piala Dunia-20, Netizen Terbelah

Presiden Cek Harga Bahan 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengecekan harga dan stok sembako di dua pasar yang berada di wilayah DKI Jakarta menjelang Idul Fitri 1444 Hijriah. Hasilnya, ia memastikan harga dan ketersediaan bahan pangan dalam kondisi stabil.

“Saya dan pak Menteri Perdagangan ingin mengecek. Yang pertama stoknya, kemudian yang kedua harganya. Kita lihat tadi urusan pasokan tidak ada masalah, harga juga justru banyak yang turun,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X