Terungkap! Dosen UII Sengaja Ubah Rute, Tapi Tak Kabari Pihak Keluarga

- Selasa, 21 Februari 2023 | 22:00 WIB
Dosen Ahmad Munasir Rafie Pratama diduga hilang (Dok. UII)
Dosen Ahmad Munasir Rafie Pratama diduga hilang (Dok. UII)

Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri menyebut dosen Universitas Islam Indonesia (UII), Ahmad Munasir Rafie Pratama tidak hilang di Oslo, Norwegia. Rafie rupanya sengaja mengubah rute pesawat namun tidak memberi kabar.

"Beliau terlepas dari rombongan itu dari Istanbul. Ketika rombongan pulang ke Jakarta dia tidak naik pesawat itu, dia keluar ganti pesawat. Kalau dia transit harus ganti pesawat kan, dia harus  keluar dulu, keluar, karena dia tidak boarding, barangnya dikeluarkan kan, dia ambil barang, dia cekin lagi ke Boston ke Istanbul," kata Kadiv Hubinter Polri Irjen Pol Krishna Murti kepada wartawan, Selasa (21/2/2023).

Baca Juga: Polri Selidiki Kabar Dosen UII Diduga Hilang di Oslo Norwegia

Krishna menyebut sang dosen memang sengaja mengubah rute perjalanan dan tidak hilang. Hal ini dibuktikan dengan adanya bukti pemesanan pesawat.

"Ada bukti elektronik yang bersangkutan memesan pesawat Istanbul - Boston sebelum berangkat dari Jakarta, baru ditemukan, setelah katanya hilang," beber Krishna.

Lebih jauh mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya ini mengungkap jika aktivitas perubahan rute pesawat merupakan hal yang lumrah. Namun, dalam kasus ini, Rafie tidak memberi kabar saat mengubah rute.

"Biasa aja pindah-pindah rute dadakan, saya sering kok, cuma saya ngomong, jadi kan tahu. Saya lapor, lapor keluarga, lapor ke kantor. Ini kan dia nggak lapor ke keluarga, nggak lapor ke kantor, itu aja masalahnya," kata Krishna.

"Kantor khawatir karena tidak berkomunikasinya di Turki karena kita tahu Turki kondisi sedang apa, tapi kalau sudah tahu sedang di Boston kita nggak tahu ya, kita enggak usah menduga-duga, ya mungkin dia mau liburan atau apa ya kita enggak tahu, hanya dia sama Tuhan yang tahu," sambungnya.

Baca Juga: Sosok Dosen UII Ahmad Munasir Rafie Dilaporkan Hilang, Pesan Terakhir: Menunggu Boarding

Diwartakan sebelumnya, seorang Dosen UII Jogja hingga kini belum diketahui keberadaanya setelah dilaporkan menghilang di Oslo. Dia dikabarkan hilang dalam perjalanan usai mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) Norwegia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X