Cuaca Ekstrem Mengintai, Bamsoet Minta Pemda Petakan Wilayah Rawan Bencana

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 10:23 WIB
Foto udara banjir yang menggenangi Jakarta (Indozone/Arya Manggala)
Foto udara banjir yang menggenangi Jakarta (Indozone/Arya Manggala)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengingatkan kepada pemerintah ataupun pemerintah daerah untuk waspada adanya potensi bencana seperti banjir ataupun longsor di sejumlah wilayah.

Hal itu dikatakan Bamsoet merespon BMKG yang memperkirakan sejumlah wilayah Indonesia berpotensi siaga banjir hingga longsor. Wilayah tersebut meliputi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tengah.

“Meminta pemerintah daerah bersama BPBD untuk dapat memetakan wilayah-wilayah yang rawan bencana, agar diketahui daerah/wilayah yang harus diutamakan dalam pemantauan serta reaksi cepat tanggap bencana,” ujar Bamsoet dalam siaran persnya dikutip Selasa (11/10/2022).

Bamsoet menekankan pentingnya pemerintah daerah agar terus memantau informasi BMKG tentang situasi atau kondisi cuaca dengan melihat dari intensitas hujan dan ancaman bencananya.

Dengan demikian, diharapkan setiap kepala daerah dapat menetapkan status siaga darurat bencana disesuaikan dengan kondisi masing-masing wilayah. 

Baca Juga: BPBD DKI Pastikan Banjir Jakarta Sudah Surut Seluruhnya dan Gak Ada Lagi Pengungsi

“Mengingat, dengan status siaga darurat bencana tersebut maka kapasitas 100 persen akan dioptimalkan dan dalam 1x24 jam selama tujuh hari pemantauan kondisi dan operasional reaksi cepat diberlakukan,” tuturnya.

Bamsoet pun meminta kepada masyarakat untuk mengikuti dan melakukan mitigasi bencana, mulai dari membersihkan saluran air, membersihkan sampah, hingga mewaspadai tebing yang rawan longsor. 

Baca Juga: Penyebab Banjir di 68 RT Jakarta, BPBD DKI: Air Kiriman dan Luapan Kali

“Masyarakat juga diminta untuk memahami hal-hal terkait kebencanaan agar dapat meningkatkan kesadaran serta kewaspadaan akan bencana yang bisa terjadi kapanpun,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X