Kapolda Metro ke Jajaran Reserse: Jangan Berpihak Apalagi Menyisihkan Barang Bukti

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 20:30 WIB
Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, memberi arahan kepada personel reserse (Dok. Humas Polda Metro Jaya)
Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, memberi arahan kepada personel reserse (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memberikan arahanya kepada jajaran Reserse di Polda Metro Jaya. Irjen Fadil meminta seluruh jajaranya untuk tidak berpihak ke salah satu pihak yang berperkara apalagi menyisihkan barang bukti dalam suatu kasus.

Arahan ini merupakan tindak lanjut dari Presiden Joko Widodo kepada para perwira tinggi (pati) Polri dan Kapolda jajaran. Dalam arahannya, Kapolda meminta agar tidak ada lagi pelanggaran atau ketidak profesionalan yang dilakukan oleh penyidik.

"Antara lain meniadakan anggapan-anggapan negatif yang melekat dibenak masyarakat terhadap penyidik kepolisian seperti upaya penindakan yang menekan UMKM, melaksanakan upaya paksa tanpa ada dasar yang kuat dan sesuai prosedur, bermain pasal, pungli kasus, intimidasi dan kekerasan dalam introgasi, keberpihakan terhadap salah satu yang berperkara hingga menyisihkan barang bukti," kata Irjen Fadil dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (18/10/2022).

Irjen Fadil menyampaikan hal tersebut pada hari ini di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya (BPMJ). Sekain itu, pimpinan tertinggi Polri di wilayah hukum Metro Jaya ini juga menyebut segala tantangan yang dihadapi penyidik kepolisian diharapkan bisa diatasi.

Baca Juga: Kapolri Keluarkan Instruksi ke Jajaran Terkait Antisipasi Banjir-Bencana Alam, Ini Isinya 

"Tantangan internal dalam penyidikan perlu adanya peningkatan kualitas penyidik yaitu dengan adanya pendidikan kejuruan, sertifikasi di bidang penyidikan sehingga dengan jumlah personel yang ada dapat lebih maksimal dalam penanganan perkara dan tidak ada lagi budaya yang sudah turun temurun serta mekanisme penyelidikan menjadi lebih modern," beber Fadil.

Lebih jauh Irjen Fadil meminta jajarannya untuk mengaktifkan seluruh metode peneriamaan laporan dari masyarakat. Dia juga meminta jajaranya untuk melakukam terobosan baru dalam hal apa pun.

Baca Juga: Pengacara Irjen Teddy Minahasa: Saya Kenal Dia Sejak AKP, Orangnya Taat Ibadah

"Aktifkan seluruh kanal laporan masyarakat baik secara offline maupun online. Lakukan evaluasi secara rutin dan berkala dalam sebuah dashboard dokumentasi, mana laporan dan status laporan yang sudah ditindaklanjuti yang dapat dilihat bukan hanya pada pimpinan tetapi juga masyarakat. Selanjutnya lakukan komunikasi yang intensif dengan pelapor tentang kondisi kasus yang ditangani secara regular," kata Irjen Fadil.

"Ciptakan program dan terobosan dalam kinerja agar kepercayaan publik kepada Polri dapat kita raih Kembali," pungkas Irjen Fadil.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X